Rahmawati, Indriana (2022) Manajemen Peningkatan Mutu Pembelajaran Siswa (Studi Kasus di MTS Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206180025_Indriana Rahmawati_MPI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Manajemen pembelajaran merupakan seni mengelola pembelajaran yang
mencakup perangkat terkait dengan sedemikian rupa sehingga instansi dan seluruh
warga akan memiliki kualitas yang baik apabila madrasah memiliki pengelolaan
yang baik dan terealisasikan dengan baik pula. Di MTs Darul Huda juga memiliki
mutu pembelajaran yang baik terbukti dari akreditasi dan prestasi yang dicapai
baik siswa maupun gurunya.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui dan menganalisis
perencanaan manajemen peningkatan mutu pembelajaran siswa di MTs Darul
Huda, (2) mengetahui dan menganalisis pelaksanaan manajemen peningkatan
mutu pembelajaran siswa di MTs Darul Huda, (3) mengetahui dan menganalisis
evaluasi manajemen peningkatan mutu pembelajaran siswa di MTs Darul Huda.
Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan
data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
milik Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: (1; perencanaan RPP dilakukan dengan
menyusun dokumen I yang setiap elemennya membuat proker jangka panjang dan
pendek. Strategi, media, dan metode pembelajaran dilimpahkan ke masing-masing
guru pengampu. Kebutuhan dalam pembelajaran mencakup hardware (sarana
yang tampak) dan software (perangkat mengajar). Perencanaan evaluasi berupa
PH, PTS, dan, PAS. (2) Pelaksanaan pembelajaran dalam peningkatan mutu
pembelajaran siswa di MTs Darul Huda sedah sesuai dengan apa yang telah
direncanakan. Pembagian tugas juga sudah linier dengan riwayat pendidikan
terakir. Komponen pembelajaran juga terpenuhi secara keseluruhan, dan
pelaksanaan dengan RPP yang dibuat oleh masing-masing guru sesuai. Pembagian
jadwal mengacu pada K-13 mencakup kompetensi sikap, keterampilan, dan
pengetahuian. Terdapat tiga tahap pembelajaran yaitu tahap pendahuluan, tahap
inti, dan tahap penutup. Pelaksanaan evaluasi disininya berupa evaluasi diaknosik,
selektif, penempatan, sumatif, dan formatif; (3) Evaluasi pembelajaran dalam
meningkatkan mutu pembelajaran siswa di MTs Darul Huda sudah ada
peningkatan dari tahun kemaren. Evaluasinya berupa PH, PTS, PAS dan KK.
Kriteria penilaian meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.
Sedangkan evaluasi guru dilaksanakan dalam bentuk monitoring, pelatihan guru,
workshop, dan supervisi yang dilaksanakan satu bulan sekali. Dengan demikian
guru akan lebih kreatif dan inovativ dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Rahmi Sonia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:51 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30616 |
Actions (login required)
View Item |