Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Keranjang Bagi Anak Usia Dini di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo

uliandra, Bunga Kurnia (2022) Peran Guru dalam Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Keranjang Bagi Anak Usia Dini di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180033_BUNGA KURNIA JULIANDRA_PIAUD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Juliandra, Bunga Kurnia. 2022. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar
Melalui Permainan Bola Keranjang Bagi Anak Usia Dini Di TK PGRI
Prayungan Sawoo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak
Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M. Pd.
Kata Kunci: Peran Guru, Mengembangkan Motorik Kasar, Anak Usia Dini,
Permainan Bola Keranjang
Guru mempunyai peranan penting dalam pengembangan motorik anak. Peran
guru diperlukan untuk mengembangkan motorik kasar anak agar anak memiliki
keterampilan-keterampilan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun sosialnya kelak.
Di TK PGRI menerapkan kegiatan bermain bola keranjang untuk membantu
mengembangkan motorik kasar anak karena terdapat tugas gerak yang menyenangkan
seperti berlari, berjalan, melompat, meloncat, dan juga melempar. Hal ini mendorong
peneliti untuk melakukan penelitian mengenai Peran Guru Dalam Mengembangkan
Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Keranjang Bagi Anak Usia Dini Di TK PGRI
Prayungan Sawoo Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru dalam
mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak usia dini
di TK PGRI Prayungan. (2) Mengetahui metode dalam mengembangkan motorik kasar
melalui permainan bola keranjang bagi anak usia dini di TK PGRI Prayungan. (3)
Mengetahui capaian perkembangan motorik kasar melalui permainan bola keranjang
bagi anak usia dini di TK PGRI Prayungan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.
Pengumpulan data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan
data yang peneliti lakukan pada penelitian ini adalah menguji kredibilitas dengan
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru sudah dilaksanakan
dengan baik, peran guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola
keranjang meliputi: Guru sebagai fasilitator, motivator, model perilaku, pengamat,
pendamai, pendidik, pengasuh, evaluator, komunikator, dan administrator. (2) Metode
dalam mengembangkan motorik kasar melalui permainan bola keranjang bagi anak di
TK PGRI Prayungan menggunakan metode bermain, demonstrasi dan praktik
langsung. (3) Hasil capaian perkembangan motorik kasar anak melalui permainan bola
keranjang berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia
4-5 tahun (Kelompok A) bahwa anak dapat memiliki kemampuan berjalan, berlari,
melompat, meloncat dan melempar dengan hasil berkembang sesuai harapan (BSH).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 29 Nov 2024 02:47
Last Modified: 29 Nov 2024 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30615

Actions (login required)

View Item View Item