Promosi Produk Minimas pada PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Saputri, Wanda Mariska (2024) Promosi Produk Minimas pada PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402200092_WANDA MARISKA SAPUTRI_PERBANKAN SYARIAH_REVISI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan lembaga keuangan di Indonesia mengharuskan
pihak perusahaan melakukan kegiatan promosi untuk memberitahukan dan
mengenalkan produk dan jasa yang dimilikinya, seperti yang dilakukan oleh PT
BPRS Mitra Mentari Sejahtera. Promosi pada produk minimas sudah dilakukan
semaksimal mungkin menggunakan periklanan, penjualan pribadi, promosi
penjualan dan publisitas. Promosi yang dilakukan ini dengan harapan para
masyarakat mengetahui keuntungan dan kemudahan investasi emas, mengingat
emas adalah salah satu investasi yang menguntungkan karena memiliki nilai yang
stabil disetiap tahunnya. Menurut teori Kasmir promosi adalah sarana yang paling
ampuh yang digunakan untuk mempengaruhi dan mempertahankan nasabah.
Namun faktanya setelah pihak BPRS melakukan promosi pada produk minimas,
nyatanya belum dapat meningkatkan jumlah nasabah pada produk minimas
sehingga jumlah nasabah produk minimas lebih sedikit jika dibandingkan dengan
produk lain.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana promosi yang
dilakukan pada produk minimas, kendala yang dihadapi saat mempromosikan
produk minimas, serta dampak setelah dilakukan promosi pada produk minimas.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif.
Untuk teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pihak BPRS sudah menggunakan
empat bauran promosi sesuai dengan teori Kasmir yaitu periklanan, penjualan
pribadi, promosi penjualan, dan publisitas, namun belum semua bauran promosi
dilakukan secara maksimal. 2) Kendala yang dihadapi yaitu karena kurangnya
pengetahuan masyarakat mengenai investasi emas, sumber daya manusia, adanya
persaingan, serta faktor ekonomi nasabah. 3) Dampak promosi yang dilakukan pada
produk minimas dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat, namun belum
mampu meningkatkan jumlah nasabah. Dampak tersebut diketahui melalui survey
ke calon nasabah yang sudah ditawari pembiayaan serta nasabah yang sudah selesai
menggunakan produk minimas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:52
Last Modified: 29 Nov 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30604

Actions (login required)

View Item View Item