Aqdas, Ahmad Alfaidlul (2024) Penerapan Kolaborasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Materi Nikah Di SMKN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 201200217 Ahmad Alfaidlul Aqdas_Etheses_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penerapan kolabaorasi antar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Bahasa Jawa pada materi nikah merupakan salah satu bentuk pelaksanaan profil pelajar pancasila yang ada dikurikulum merdeka.Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi dan cita-cita bangsa Indonesia serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia diabad ke-21. Dalam konteks ini diperlukanya metode pembelajaran untuk menyiapakan siswa-siswi yang berkaraktrer untuk menghadapi tantangan dari faktor internal dan eksternal bangsa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan kolaborasi mata pelajaran pendidikan agama islam dengan Bahasa jawa pada materi nikah. (2) menjelaskan kendala dan solusi dalam pelaksanaan praktik kolaborasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Bahasa Jawa Pada Materi Nikah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di SMKN 2 Ponorogo. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data penelitian berasal dari Kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru, Siswa, SMKN 2 Ponorogo. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) Pelaksanaan kolaborasi mata pelajaran merupakan salah satu penerapan kebijakan kurikulum merdeka di SMKN 2 Ponorogo, mengkolaborasikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Jawa pada materi pernikahan, materi pernikahan dipilih karena punya hubungan dan sesuai dengan latar belakang dari murid SMKN 2 Ponorogo strategi yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran project based learning untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yaitu keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreativitas. (2) Kendala pertama yang ditemukan peneliti adalah dalam pelaksanaan proyek kolaborasi di SMKN 2 Ponorogo ini adalah siswa sering kali kurang percaya diri. Kendala kedua adalah, mahalnya biaya projek. Solusi dari masalah pertama adalah guru mata pelajaran memberikan motivasi agar para siswa tidak merasa malu dan pemberian reward berupa tambahan nilai bagi siswa yang berani tampil. Solusi dari permasalahan kedua adalah mengajak jurusan dari tata busana, dan kecantikan untuk mengurangi biaya alat yang di perlukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 02:23 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 02:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30601 |
Actions (login required)
View Item |