Amini, Siti (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Mozaik dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200031_Siti Amini_Piaud.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Amini,Siti. 2024. Penggunaan Media Pembelajaran Mozaik dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata kunci : Media pembelajaran, Mozaik, Kreativitas.
Penggunaan media pembelajaran mozaik sangat penting dalam dunia pendidikan anak-anak. Mozaik merupakan salah satu media pembelajaran di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo yang menggabungkan potongan-potongan kecil atau biji-bijian kedalam pola gambar. Mozaik dapat berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan kreativitas anak, khususnya pada anak usia dini. Kegiatan membuat mozaik memungkinkan anak-anak untuk berimajinasi dan bereksplorasi dengan berbagai bentuk dan warna, sehingga mendorong kreativitas anak usia 5-6 tahun. Pembelajaran mozaik di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo sebelumnya menggunakan kertas origami dengan menggunakan kertas origami tersebut kurangnya anak berimajinasi, semangat, dan juga anak tidak mempunyai rasa ingin tahu yang besar, sehingga peneliti tertarik untuk melihat penggunaan media pembelajaran mozaik biji jagung dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun .
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran mozaik dalam mengembagkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo; dan 2) untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media pembelajaran mozaik dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu pengumpulan data, kndensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa, (1) Penggunaan media pembelajaran mozaik dalam mengembagkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU 049 Ngrupit II Ponorogo; 1) Ibu guru mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan yaitu biji jagung, lem, kertas yang sudah ada pola gambar payung dan topi, dan kertas origami untuk wadah lem; 2) menjelaskan kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu yaitu pembelajaran mozaik menggunakan biji jagung; 3) menjelaskan proses pembuatan mozaik biji jagung; 4) anak mulai menempelkan biji jagung ke dalam pola gambar, 5) evaluasi dan pameran karya yang sudah dibuat anak; dan 6) yaitu refleksi dan penutup. (2) Dampak pembelajaran mozaik biji jagung kreativitas anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar, memiliki motivasi dalam belajar, hasil pekerjaan diselesaikan sendiri mayoritas anak berkembang sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:01 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 01:01 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30572 |
Actions (login required)
View Item |