Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo

Fitriyah, Fitriyah (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK PGRI Prayungan Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180035 FITRIYAH PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah suatu proses belajar yang
menyesuaikan diri dengan pemahaman situasi dan emosi ketika berinteraksi
dengan orang-orang disekitarnya baik itu orang tua, saudara, teman dalam
kehidupan sehari-hari. Pentingnya anak memiliki kecerdasan sosial
emosional yang baik adalah agar anak dapat berinteraksi dengan lingkungan
tempat tinggal, maupun lingkungan sekolah dengan baik, dapat bersikap
penyayang, dapat bersosialiasi dengan baik, mandiri, serta dapat
memotivasi dirinya sendiri dan orang lain. Fakta yang ditemukan di
lapangan menunjukkan bahwa peserta didik di TK PGRI Prayungan
memiliki kecerdasan sosial emosional yang bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran guru dalam
meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di TK PGRI
Prayungan. (2) mengetahui dampak kegiatan bercerita dalam meningkatkan
kecerdasan sosial emosional anak usia dinidi TK PGRI Prayungan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
Milles Hurbamen dan Saldana yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam
meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini di TK PGRI
Prayungan adalah, guru sebagai edukator, guru sebagai manajer, guru
sebagai innovator, guru sebagai komunikator, dan guru sebagai motivator.
(2) Dampak kegiatan bercerita dalam meningkatkan kecerdasan sosial
emosional anak usia dini di TK PGRI Prayungan adalah sangat baik,
penerapan kegiatan bercerita sangat efektif dalam meningkatkan kecerdasan
sosial emosional anak di TK PGRI Prayungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:02
Last Modified: 28 Nov 2024 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30540

Actions (login required)

View Item View Item