Pratama, Andriyanto Kevin (2022) Strategi Mengajar Guru dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus “ATTENTION DEFICIT HIPERACTIVITY DISORDER” di SDS Mutiara Hati Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203180141_ANDRIYANTO KEVIN PRATAMA_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi
kehidupan manusia karena dengan pendidikan
memungkinkan tumbuhnya kreativitas dan potensi yang
mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuannya.
Pendidikan inklusif adalah proses pendidikan yang
memungkinkan semua peserta didik berkesempatan untuk
berpartisipasi secara penuh dalam kegiatan kelas regular,
tanpa memandang kelainan, ras, atau karakteristik lainnya.
Bentuk bimbingan pembelajaran yang dilakukan di sekolah
inklusif berbeda dengan sekolah pada umumnya, sekolah
inklusif harus memberikan bimbingan layanan pembelajaran
kepada peserta didik secara optimal dan harus menyediakan
tenaga profesional yang mampu melayani peserta didik
kebutuhan khusus yang intensif dalam memberikan
pembelajaran dengan menggunakan strategi, metode dan
pendekatan yang tepat untuk membantu peserta didik
berkebutuhan khusus agar dapat memberikan respon belajar
yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui strategi
mengajar guru pada peserta didik berkebutuhan khusus
Attetion Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) kelas III di
SDS Mutiara Hati Ponorogo; 2) Mengetahui peran Guru Pendampin Khusus (GPK) dalam mendampingi peserta didik
berkebutuhan khusus Attetion Deficit Hiperactivity Disorder
(ADHD) kelas III di SDS Mutiara Hati Ponorogo; 3)
Mengetahui antusiasme belajar peserta didik berkebutuhan
khusus Attetion Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) kelas
III terhadap strategi mengajar guru di SDS Mutiara Hati
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan
Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) Strategi
guru dalam proses pembelajaran pada kelas inklusif di SDS
Mutiara Hati yang pertama yaitu dengan menyiapkan RPP,
menyediakan media, dan materi yang akan di sampaikan
kepada peserta didik. Metode yang diterapkan guru yaitu
ceramah, tanya jawab, diskusi, ice breaking, puzzle dan
permainan dan lainya; 2) Peran GDBK yaitu fokus
mendampingi peserta didik berkebutuhan khusus dalam
proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di
luar kelas; 3) Antusiasme belajar peserta didik ADHD
terhadap strategi yang digunakan guru yaitu dengan cara
salah satunya pemberian reward (penghargaan, hadiah), dan
phunisment, dengan adanya strategi tersebut peserta didik
berkebutuhan khusus sudah terlihat antusias yaitu
memperhatikan guru, semangat, konsentrasi, respon kepada
guru dan mempunyai kemauan dalam mengerjakan tugas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dwi Ulfa Nurdahlia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 06:55 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 06:55 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30537 |
Actions (login required)
View Item |