Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Samudra Supermarket Madiun

Saptanto, Dzaky Ahmad (2024) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Samudra Supermarket Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401200188_Dzaky Ahmad Saptanto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun menunjukkan rata-rata yang rendah, mengindikasikan bahwa produk tidak memenuhi ekspektasi konsumen. Kualitas produk juga tergolong rendah, dengan banyak indikator seperti kinerja dan daya tahan berada dalam kategori yang kurang memuaskan, bertentangan dengan teori Kotler. Harga produk menunjukkan variasi yang signifikan, dengan banyak indikator juga berada dalam kategori rendah, mencerminkan ketidaksesuaian harga. Sikap konsumen menunjukkan dua indikator dalam kategori rendah, meskipun ada pengakuan terhadap suasana dan pelayanan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis secara parsial maupun secara simultan kualitas, harga produk, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun.
Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen Samudra Supermarket Madiun. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur variabel-variabel tertentu. Analisis hipotesis mencakup uji regresi linier berganda, uji r-squared, uji F, dan uji t, yang dilakukan dengan bantuan software SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 Artinya, semakin baik kualitas produk, semakin besar kemungkinan konsumen untuk membeli. Variabel harga produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun dengan nilai signifikasi sebesar 0,033 < 0,05. Artinya, semakin tinggi harga, semakin rendah kemungkinan konsumen membeli. Variabel sikap konsumen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Samudra Supermarket Madiun dengan nilai signifikasi sebesar 0,024 < 0,05. Secara simultan kualitas, harga produk Artinya, semakin negatif sikap konsumen, semakin kecil kemungkinan mereka membeli. , dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dibuktikan dengan uji f dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisiein determinasi (Rsquare) sebesar 21,7%, sedangkan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 06:48
Last Modified: 28 Nov 2024 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30522

Actions (login required)

View Item View Item