Afifah, Maya Zahrotul (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Dasar IPA Ditinjau dari Adversity Quotient pada Kelas V di SDN 1 Surodikraman. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203180072 MAYA ZAHROTUL AFIFAH SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kesulitan belajar menjadi problematika yang harus diperhatikan dalam proses
pembelajaran. Kesulitan belajar dalam memahami konsep dasar IPA di SDN 1
Surodikraman disebabkan kurangnya respon peserta didik dalam memahami materi pelajaran.
Selain itu disebabkan dari usaha keras peserta didik dalam proses memahami konsep dasar
IPA. Sehingga perlu diketahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami peserta didik berdasarkan
pada adversity quetient.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh peserta
didik quitter V di SDN 1 Surodikraman, (2) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh
peserta didik camper V di SDN 1 Surodikraman dan (3) mendeskripsikan kesulitan yang
dihadapi oleh peserta didik climber V di SDN 1 Surodikraman
Pendekatan penelitian ini kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan study
kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar angket respons profile
(ARP), lembar tes pemahaman konsep dan lembar wawancara. Teknik analisis data
menggunakan teknik Miles dan Huberman yang langkah-langkahnya terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peserta didik yang berkategori AQ quitter
mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek
menurut sifat tertentu, mengembangkan syarat perlu dan syarat khusus dan mengaplikasikan
konsep konsep atau algoritma pemecahan masalah. (2) Peserta didik yang berkategori AQ
camper mengalami menyatakan ulang konsep, kesulitan dalam mengklasifikasikan objekobjek menurut sifat tertentu, memberikan contoh dan non contoh serta mengembangkan syarat
perlu dan syarat khusus. (3) peserta didik yang berkategori AQ climber mengalami kesulitan
dalam mengaplikasikan konsep konsep atau algoritma pemecahan masalah. Adapun penyebab
kesulitan belajar yang dialami peserta didik diatas dikarenakan kurangnya pengawasan belajar
dari orang tua, kondisi fisik dan psikis peserta didik dan juga lingkungan belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:42 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:42 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30509 |
Actions (login required)
View Item |