Strategi Guru dalam Menumbuhkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo

Dewi, Tri Candra Buana Tunggal (2024) Strategi Guru dalam Menumbuhkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200407_TRI CANDRA BUANA TUNGGAL DEWI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.docx.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi, Tri Candra Buana Tunggal. 2024. Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi. M.Ag.
Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar

Proses pembelajaran seringkali dihadapi pada berbagai tantangan. keunikan setiap individu, kompleksitas materi , dan faktor psikologi internal seperti motivasi dan kondisi emosional merupakan beberapa kendala yang dapat menghambat pencapaian tujuan pembelajaran. Guru tidak hanya memastikan bahwa kurikulum tersampaikan secara efektif, tetapi mereka juga harus berusaha untuk menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar yang tulus terhadap pelajaran. Karena strategi yang digunakan guru PAI dalam menyampaikan proses pembelajaran memiliki pengaruh dalam menumbuhkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Sebagian dari guru PAI sudah menerapkan strategi pembelajaran yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan individu siswa. Salah satunya strategi pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran diferensiasi. Strategi yang menarik dalam pembelajaran PAI membantu siswa belajar dengan motivasi yang tinggi, proses belajar yang menyenangkan serta adanya interaksi sosial dalam kelas sehingga prestasi belajar mereka meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo, (2) mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran PAI di SMAN 1 Slahung Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pai, dan beberapa siswa SMAN 1 Slahung. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan membuat pembelajaran lebih menarik, memberikan dukungan positif, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dengan cerita kehidupan sehari-hari, (2) strategi guru dalam menumbuhkan prestasi pembelajaran dengan menggunakan metode diferensiasi dan ekpositori, memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai kemampuan mereka dan membuat pelajaran lebih interaktif dengan kegiatan diskusi dan refleksi, siswa diajak untuk berpikir lebih dalam tentang apa yang mereka pelajari. Kombinasi cara belajar ini terbukti membuat siswa lebih memahami pelajaran, (3) faktor pendukung minat dan bakat siswa, dukungan dari guru dan sekolah, serta kegiatan ekstrakurikuler dapat mendorong siswa untuk belajar lebih giat. Sedangkan faktor penghambat seperti keterbatasan dukungan dari keluarga dan kesulitan dalam membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2024 05:21
Last Modified: 28 Nov 2024 05:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30498

Actions (login required)

View Item View Item