Analisis Minat Menabung pada Produk Mitra IB di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Azaza, Ferdan Alghozi Azaza (2022) Analisis Minat Menabung pada Produk Mitra IB di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Watermark Fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya suatu bank syariah berusaha untuk memuaskan nasabah
dalam menggunakan produk perbankan yang dihasilkannya, maka penting sekali
bagi bank untuk mengetahui atau memahami perilaku nasabah, terutama yang
menjadi sasaran bank, terlepas lagi nasabah dewasa ini sangat selektif dan
mempunyai pengetahuan yang cukup terhadap suatu jasa. Berdasar studi
penelitian penulis terjadi penumpukan minat di salah satu produk tabungan dari
BPRS Mitra Mentari Sejahtera di area Pasar Kedungabanteng Ponorogo.
Adapun penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data
yang didapat dari nasabah, karyawan dan kepala BPRS Mitra Mentari Sejahtera
Ponorogo dengan menggunakan metode triangulasi sumber, dengan
menggabungkan pengumpulan data dengan teknik observasi terus terang atau
tersamar dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman, yaitu
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah
penarikan kesimpulan. Pada rumusan pertama, penulis menggunakan skala likert
untuk menghitung presentase nasabah yang berminat pada produk Mitra IB.
Dari hasil penelitian, dihasilkan: 1) minat masayarakat dan pedagang di
Pasar Kedungbanteng Ponorogo terhadap produk Mitra IB milik BPRS Mitra
Mentari Sejahtera Ponorogo tergolong tinggi. Dari hasil perhitungan data
wawancara yang dilakukan dari 21 orang informan yang berasal dari
masayarakat dan pedagang di Pasar Kedungbanteng Ponorogo 89% dari 100%
masyarakat berminat dan menggunakan produk Mitra IB; 2) Faktor yang
mempengaruhi minat masayarakat dan pedagang di Pasar Kedungbanteng
Ponorogo dalam menggunakan produk tabungan Mitra IB adalah pengetahuan,
produk, lokasi, pendapatan, lingkungan dan budaya dan religiuisitas. namun dari
keenam faktor tersebut, faktor yang paling mendominasi adalah faktor produk,
lokasi, serta lingkungan dan budaya; 3) dari 7 strategi marketing mix, BPRS
berhasil melakukan satu metode yang berhasil meningkatkan minat ayarakat dan
pedagang di Pasar Kedungbanteng Ponorogo dalam menggunakan produk
tabungan Mitra IB yakni pick up service atau jemput bola. Para Staf pemasaran
BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo menjadwalkan kedatangan atau
kunjungan ke Pasar Kedungbanteng Ponorogo

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:27
Last Modified: 28 Nov 2024 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item