Imaroh, Rahma Dhiyau (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Reading Aloud untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Literasi Ilmiah Peserta Didik Kelas Viii di Mtsn 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_TADRIS IPA_211317082_RAHMA DHIYAUL IMAROH.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menulis ilmiah merupakan konsep dari literasi sains yang berarti
kemampuan yang memiliki hubungan yang erat dalam kejadian/ fakta suatu fenomena yang ada
di kehidupan sehari-hari. Rendahnya minat berliterasi sains peserta didik khususnya dalam
kepenulisan literasi ilmiah, menunjukkan bahwa peserta didik kurang dalam berliterasi.
Kemampuan menulis literasi peserta didik dapat tingkatkan dengan menerapkan literasi sains
dalam pembelajaran IPA.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis literasi ilmiah peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud dan yang tidak
menggunakan model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud, melihat ada atau tidaknya
pengaruh selama penggunaan model pembelajaran Treffinger yang berbasis Reading Aloud
terhadap peningkatan kemampuan menulis literasi ilmiah peserta didik dan untuk mengetahui
respon dari peserta didik mengenai model pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian
Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu pada kelas VIII A
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di MTs
Negeri 4 Ponorogo. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes dan kuesioner. Data
tes yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif
kuantitatif dan statistik dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan menggunakan
uji-t (two tailed) dan uji-t (one tailed).
Terdapat 22 peserta didik kelas yang menggunakan model pembelajaran Treffinger
berbasis Reading Aloud (kelas eksperimen) memiliki kategori “Sangat Baik” dengan nilai
tertinggi 95 dan nilai terendah 83. Sedangkan peserta didik yang tidak menggunakan model
pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud (kelas kontrol) terdapat 21 peserta didik
memiliki kategori “Baik” dan 4 peserta didik memiliki kategori “Sangat Baik” dengan nilai
tertinggi 88 dan nilai terendah 70. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa P-Value
sebesar 0,000. Dikarenakan nilai P-Value kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Hal ini
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan
pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud dengan peserta didik yang menggunakan
pembelajaran konvensional. Kemampuan menulis literasi antara peserta didik yang
menggunakan pembelajaran Treffinger berbasis Reading Aloud lebih baik dibandingkan dengan
peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai kuesioner peserta didik
memiliki rata-rata sebesar 91, dengan kategori sangat baik. Hasil data tersebut menunjukkan
bahwa respon peserta didik sangat baik selama diterapkannya model pembelajaran Treffinger
berbasis Reading Aloud.
Kata kunci: Treffinger, Reading Aloud, Menulis Literasi Ilmiah, Tekanan Zat dan
Penerapannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:22 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30438 |
Actions (login required)
View Item |