Implementasi Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Metakognitif di Smp Negeri 1 Sawoo Ponorogo

Mulyani, Dian Fitri (2021) Implementasi Project Based Learning (PJBL) dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Metakognitif di Smp Negeri 1 Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tadris IPA_211317050_DIAN FITRI MULYANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang baik dan inovatif merupakan
pembelajaran yang memadukan pembelajaran dengan
berbagai model atau metode mengajar untuk mencapai
tujuan pendidikan yang ingin di capai. Model pembelajaran
Project Based Learning (PJBL) ini sangat cocok jika di
kolaborasikan dengan suatu pendekatan. Dalam penelitian
ini pendekatan yang digunakan yaitu Sains, Technology,
Engineering and Mathematics (STEM).
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui
implementasi keterampilan berpikir metakognitif peserta
didik terhadap pembelajaran IPA pada tema Teknologi
Ramah Lingkungan Kelas IX, Mengetahui pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan
pendekatan Sains, Technology, Engineering and
Mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir
metakognitif peserta didik kelas IX pada tema teknologi
ramah lingkungan. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas
IXA dan IX B kelas A berjumlah 32 peserta didik dan kelas
B berjumlah 32 peserta didik dengan jumlah total 64 peserta
didik dimana kelas IX A merpakan kelas eksperimen dan
kelas IX B sebagain kelas kontrol.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
penelitian kuantitatif experiment, dengan teknik analisis
data deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis Quasi
Experimental Design dengan menggunakan penelitian One
Group Pretest and Posttest Design. Instrumen pengumpul
data adalah menggunakan soal tes tertulis dengan desain
multiple chois menggunakan angket dan produk. Dari hasil
data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
deskriptif kuantitatif dan statistik menggunakan uji-t two
tailed dan one tailed yang sebelumnya sudah dilakukan uji
normalitasv dan homogenitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:17
Last Modified: 26 Nov 2024 07:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30435

Actions (login required)

View Item View Item