Analisis Komparasi Kemampuan Menulis Ilmiah Peserta Didik Ditinjau dari Model Pembelajaran Proyek Yang Dipadukan dengan Klinik Literasi Sains pada Tema Covid-19 di Mts Al-Ishlah Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2020/2021

Indarwati, Rosi (2021) Analisis Komparasi Kemampuan Menulis Ilmiah Peserta Didik Ditinjau dari Model Pembelajaran Proyek Yang Dipadukan dengan Klinik Literasi Sains pada Tema Covid-19 di Mts Al-Ishlah Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tadris IPA_211317029_Rosi Indarwati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis ilmiah adalah salah satu kegiatan yang
saat ini sangat gencar dilakukan sebagai salah satu
penyampaian dari sebuah hasil penelitian. Tulisan ilmiah
biasanya berbentuk makalah, karya ilmiah, skripsi, tesis
dan sebagainya. Pengenalan mengenai menulis ilmiah
seharusnya sudah dimulai dari jenjang menengah
pertama (SMP) sehingga peserta didik tidak akan lebih
mudah menyesuaikan pada jenjang belajar selanjutnya.
Asumsi peserta didik mengenai menulis yang kurang
baik ini menyebabkan kemampuan menulis terlebih
menulis ilmiah peserta didik menjadi kurang.
Oleh sebab itu guru berupaya untuk
mengenalkan dan meningkatkan kemampuan menulis
ilmiah peserta didik dengan penerapan model
pembelajaran proyek yang dipadukan dengan klinik
vii
literasi sains. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perbedaan kemampuan menulis peserta didik kelas VIII
yang menggunakkan model pembelajaran proyek
dipadukan klinik literasi sains dengan kelas yang
menggnakan model pembelajran konvensional dalam
pembelajaran IPA tema Covid-19.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A
sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas
eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen
template penulisan tugas proyek karangan ilmiah
sederhana dan kuisoner respon peserta didik terhadap
pembelajaran. Kemudian data yang diperoleh dianalisis
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan
menggunakan uji statistik Uji-t (Two tailed dan One
tailed) menggunakan Minitab 16. Data yang diperoleh
sebelumnya telah dilakukan uji homogenitas dan
reliabilitas. Dari hasil penelitian didapatkan P-Value
sebesar 0.000 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak atau
kemampuan menulis peserta didik kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran proyek
dipadukan dengan klinik literasi sains berbeda dengan
kemampuan menulis kelas kontrol yang menggunakan
model pembeajaran konvensioanal. Untuk mengetahui
kelas mana yang lebih baik maka dilakukan uji lanjut
pasca anova yang menghasilkan estimate for different
kelas eksperimen terhadap kelas kontrol sebesar 13,76
yang berarti kelas eksperimen lebih baik dibandingkan
dengan kelas kontrol.berdasarkan nilai post test kelas
viii
kontrol mendapatkan rata-rata nilai sebesar 65,8 dan
kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 79,58. Hasil
ini menunjukkan kelas eksperimen lebih baik
dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:14
Last Modified: 26 Nov 2024 07:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30434

Actions (login required)

View Item View Item