Ridhwanah, Azka Maziyyah (2021) Manajemen Program Double Track dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan di Sma Negeri 1 Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_AZKA MAZIYYAH R_211217007_MPI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
SMA Negeri 1 Jenangan merupakan salah satu sekolah yang berada di pinggiran kota.
Letak georgrafis ini menyebabkan motivasi para peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke
jenjang perguruan tinggi rendah. Selain itu orientasi sebagian besar orang tua adalah
menginginkan anaknya untuk segera bekerja setelah lulus sekolah. Oleh sebab itu banyak peserta
didik dari sekolah ini yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga program double
track hadir untuk membekali siswa memperoleh keahlian tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan manajemen program double track dalam
meningkatkan kompetensi lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan (2) Menjelaskan dan menganalisis
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program double track dalam meningkatkan
kompetensi lulusan di SMA Negeri 1 Jenangan (3) Menjelaskan dan menganalisis hasil
pelaksanaan program double track dalam meningkatkan kompetensi lulusan di SMA Negeri 1
Jenangan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang
menghasilkan data deskriptif. Data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan, yakni: reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Agar dapat dipertanggungjawabkan sebagai
penelitian ilmiah selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi dan
ketekunan pengamat. Dalam penelitian kualitatif terdapat tiga tahapan yang perlu diperhatikan
oleh peneliti yaitu tahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data.
Hasil dari penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) Manajemen program
double track di mulai dengan perencanaan berupa pemilihan program pelatihan dengan cara
pembagian angket kepada siswa kelas XI. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan trainer
disesuaikan dengan kompetensi. Pelaksanaan double track dilakukan setiap hari sabtu
menggunakan ruangan pelatihan tata boga yaitu laboratorium, sedangkan multimedia di
laboratorium komputer. Para trainer melakukan penyampaian materi terlebih dahulu, kemudian
siswa mempraktekkan. Selanjutnya akan diadakan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui
kemampuan yang sudah diperoleh siswa melalui ujian praktek dan ujian tulis. Setalah lulus ujian
siswa akan memperoleh sertifikat kompetensi sebagai bukti telah mempunyai keahlian dalam
bidangnya. (2) Faktor pendukung berupa antusiasme dari siswa, faktor penghambat dari
beberapa siswa yang jarang masuk pelatihan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan
dengan memotivasi dan menghubungi siswa untuk selalu ikut pelatihan. (3) Hasil program
double track yaitu siswa SMAN 1 Jenangan yang mengikuti program tersebut mendapatkan
kompetensi berupa keterampilan tata boga dan multimedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis Werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:04 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30429 |
Actions (login required)
View Item |