Anggraini, Lelik Ayu (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Peserta Didik Kelas Viii Mts Darul Huda Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_Tadris IPA_211317017_Lelik Ayu A.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Seiring berjalannya waktu Pendidikan adalah investasi masa depan yang
tak ternilai. Untuk itu pendidikan bagi generasi emas Indonesia harus dimulai dan
disiapkan dengan serius dan sepenuh hati. Dimana pendidikan berperan penting
dalam pembentukan suatu perubahan. Dibutuhkan penmanfaatan kemampuan
metakognisi dalam memecahkan suatu masalah. Dimana pembelajaran IPA tiidak
hanya pembelajaran pengetahuan dasar dalam menyelesaikan permasalahan yang
muncul dalam penerapannya. Dibutuhkan kemampuan metakognisi dimana
kemampuan terseburt muncul dalam diri peserta didik.
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaaran
Numbered Head Together (NHT) berbasis STEM dan Efektifitas model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis STEM dalam
meningkatkan kemampuan metakognisi peserta didik kelas VIII di MTs Darul
Huda Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Huda Ponorogo di kelas VIII Q dan
kelas VIII R Adapun jumlah peserta didik di kelas VIII Q sejumlah 25 peserta
didik dan di kelas VIII R sejumlah 25 peserta didik. sampel yang digunakan pada
penelitian ini adalah simple Random Sampling yang ditentukan dari 12 kelas dan
terpilih kelas Q dan R. Kelas Q digunakan sebagai kelas eksperimen sedangkan
untuk kelas R digunakan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan penelitian kuantitatif Eksperimen. Jenis penelitian yang dilakukan
menggunakan metode True Eksperimental Design jenis The Randomized
Posttest-Only Control Group Design
Berdasarkan hasil penelitian yang diakukan mengunakan model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis STEM berjalan berjalan
dengan baik dan lancar. Sedangkan peningkatan pembelajaran yang semula
menggunakan model pembelajaran konvensional kemudian mengunakan model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis STEM mengalami
penigkatan sebanyak 34%. Serta hsil analisis angket yang telah diisi oleh tiap
peserta didik bernilai positif dilihat dari perolehan skor yang terdapat dalam
angket. Hal tersebut menunjuukan bahwa Numbered Head Together (NHT)
berbasis STEM sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 07:02 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 07:02 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30428 |
Actions (login required)
View Item |