Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Science Education For Sustainability dalam Peningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Ipa Kelas Viii Smp Negeri 4 Ponorogo

Masruroh, Lailatul (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Science Education For Sustainability dalam Peningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Ipa Kelas Viii Smp Negeri 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211317091_LAILATUL MASRUROH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kolaborasi dari peserta didik yang masih
dikatakan rendah, beberapa peserta didik diketahui bahwa dalam kegiatan berkelompok ini tidak
terlibat aktif dalam berdiskusi, misal kurang adanya kerjasama, kurang adanya tanggungjawab
terhadap tugas dan kurangnya menghargai pendapat teman saat berdiskusi, dalam kegiatan
presentasi kelompok dirasa kurang dalam penyampain materi, sehingga menjadikan
pembelajaran kurang efektif. Salah satu alternatif dalam permasalahan tersebut adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui pendekatan science
education for sustainability. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
diterapkan sebagai suatu upaya dikarenakan mampu mengembangkan beberapa kemampuan,
seperti kemampuan menganalisis, mencipta dan mengevaluasi. Selain itu, model pembelajaran
PBL ini dibuat untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan suatu
masalah dan menuntut adanya interaksi dan keterlibatan antar peserta didik, mampu merangsang
peserta didik untuk berfikir, mampu mengembangkan kemandirian dan belajar untuk
bekerjasama dalam kelompoknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) melalui pendekatan Science Education For Sustainability pada peserta
didik IPA Kelas VIII SMP Negeri 4 Ponorogo dan efektivitas model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) melalui pendekatan Science Education For Sustainability dalam
meningkatkan kemampuan kolaborasi Peserta Didik IPA Kelas VIII SMP Negeri 4 Ponorogo.
Metode penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperiment, melalui pendekatan
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester
genap di SMP Negeri 4 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 yang keseluruhannya berjumlah 250
peserta didik. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu
purposive sampling, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen berupa tes dan non tes.
Tes tertulis yang berisi soal pilihan ganda sedangkan analisis statistik berupa uji t (Independent
Sampe t-Test). Sementara penilaian non tes berupa lembar penilaian observasi.
Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan science
education for sustainability berdasarkan lembar observasi penilaian terlaksana dengan baik
dengan rata-rata kemampuan diperoleh 78,28%. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independent
Sampe T-Test, dapat diketahui bahwa data hasil nilai post-test thitung=1.443 sedangkan untuk
ttabel=0,355 dengan jumlah responden 31. Dimana hasil dari thitung>ttabel (1.443>0,355), maka H0
ditolak dan H1 diterima. Rata-rata kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen atau setelah
diberi perlakuan memiliki rata-rata nilai sebesar 62,26%, sementara pada kelas kontrol memiliki
rata-rata sebesar 55,48%. Dengan demikian membuktikkan bahwa ada perbedaan signifikan
efektivitas antara penggunaan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan
science education for sustainability dengan model konvensional dalam meningkatkan
kemampuan kolaborasi peserta didik IPA kelas VIII di SMP Negeri 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:00
Last Modified: 26 Nov 2024 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30427

Actions (login required)

View Item View Item