Nurya, Sinta (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbasis Stem Education terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa di Mtsn 1 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_211317014_SINTA NURYA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berpikir ilmiah merupakan pengasahan pikiran di
pembelajaran efektif dengan peserta didik sehingga dapat
berpikir secara meluas dan sistematis, serta teliti. Children
Learning In Science (CLIS) merupakan model pembelajaran
yang mengutamakan pengembangan ide-ide atau gagasan
peserta didik melalui eksperimen. STEM berasal dari
susunan kata science, technology, engineering, and
matehematics. STEM mengacu pada pengajaran,
perkembangan, mengintegrasikan berdasarkan 4 disiplin
ilmu dan keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan
Matematika guna dapat memecahkan masalah zaman era
baru abad 21.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas VII pada materi
pencemaran lingkungan yang menggunakan model
pembelajaran Children learning in science (CLIS) berbasis
STEM Education lebih tinggi daripada siswa yang
menggunakan model pembelajaran Creative Problem
iii
Solving (CPS) berbasis STEM Education di MTsN 1
Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif menggunakan 2 sampel kelas VII yaitu
VIIA (eksperimen) dan VIIB (kontrol). Pengumpulan data
melalui Pre Test, Pos Test, dan lembar pengamatan.
Analisis deskriptif kuantitatif menggunakan rumus uji N-
gain dan uji-t (one-tailed dan two-tailed) yang sebelumnya
telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menggunakan Minitab uji-t two-
tailed diketahui P-Value 0,040 dan uji-t one-tailed diketahui
P-Value 0,020 maka H0 ditolak. Sehingga, Maka dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning
In Science (CLIS) berbasis STEM Education efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Syaiful Arif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:56 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:56 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30425 |
Actions (login required)
View Item |