Ngilmay, Afif Nikmatul Khilma (2021) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (GUIDED INQUIRY) Berbantuan Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik pada Tema Interaksi Antara Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas Vii di Mts Ma’arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 2_Tadris IPA_211317005_Afif Nikmatul Khilma .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan proses sains mempunyai beberapa sub
keterampilan salah satunya menyimpulkan. Model
inkuirimerupakan pendekatan yang mengajarkan peserta didik
untuk meletakkan dasar maupun mengembangkan pola berpikir
secara ilmiah untuk dapat menarik sebuah kesimpulan. Tujuan
penelitian ini untuk 1) mengetahui terlaksananya model inkuiri
terbimbing (guided inquiry) berbantuan media tiga dimensi, 2)
mengetahui aktivitas pembelajaran peserta didik dengan model
inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan media tiga
dimensi, 3) mengetahui apakah model pembelajaran inkuiri
terbimbing (guided inquiry) berbantuan media tiga dimensi
lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional
dalam meningkatkan kemampuan menarik kesimpulan peserta
viii
didik pada tema interaksi antara makhluk hidup dan
lingkungannya.
Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi
eksperimen). Desain quasi eksperimen dalam penelitian ini
yaitu Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari
dua kelompok yang tidak dipilih secara acak/random.
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Februari 2021 di MTs
Ma‟arif Klego dengan jumlah sampel penelitian ini yaitu
seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 peserta
didik, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas VII A
(eksperimen) dan kelas VII B (kontrol).
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1)
keterlaksanaan proses di kelas eksperimen berjalan baik sesuai
dengan hipotesis, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif
dan mengikuti pelajaran dengan baik, 2) aktivitas peserta didik
dalam proses pembelajaran menggunakan insrumen observasi
dapat diketahui bahwa nilai rata-rata aktivitas peserta didik
ketika proses pembelajaran dengan menggunakan model
inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan media tiga
dimensi yaitu 4 dan dapat dikategorikan baik, 3) penggunaan
model inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan media
tiga dimensi lebih efektif dibandingkan model pelajaran
konvensional dalam kemampuan menarik kesimpulan, hal
tersebut dapat diketahui dari nilai estimate for difference
sebesar 9,87.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Edi Irawan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 04:37 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 04:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30411 |
Actions (login required)
View Item |