Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Balegondo Ngariboyo Magetan

Ramadhan, Atiq Alawiyah. (2021) Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Balegondo Ngariboyo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ATIQ ALAWIYAH RAMADHANI PAI_ 210317380..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci yang paling istimewa di antara kitab yang lainnya. Al-
Qur’an dapat menyelamatkan manusia dari kesengsaraan dunia dan akhirat. Al-Qur’an
mengandung banyak kemukjizatan yang tidak dapat tertandingi. Al-Qur’an adalah firman Allah
yang mu’jiz yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. melalui malaikat Jibril yang tertulis
dalam mushaf, diriwayatkan secara mutawatir, menjadi ibadah bagi yang membacanya, diawali
dari surah Al-Fatihah dan diakhiri dengan surah An-Naas. Menghafal al-Qur’an merupakan
sebuah pekerjaan yang mulia dan memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Oleh sebab itu
menghafal al-Qur’an membutuhkan niat yang sungguh-sungguh. Panti asuhan yatim piatu
Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Ngaribiyo Magetan merupakan satu-satunya panti
asuhan di Magetan yang memiliki program tahfidz bagi anak asuh.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an
di panti asuhan yatim piatu Muhammadiyah Tahfidzul Quran Balegondo Ngaribiyo Magetan, (2)
Upaya ustadz-ustadzah dalam mengasah kemampuan menghafal al-Qur’an pada anak asuh di
panti asuhan yatim piatu Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Balegondo Ngariboyo Magetan, (3)
Faktor pendukung dan penghambat kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an di panti asuhan
yatim piatu Muhammadiyah Tahfidzul Qur’an Balegondo Ngariboyo Magetan.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari
hasil wawancara dengan informan yang dicatat melalui catatan lapangan baik berupa rekaman
atau catatan tertulis. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Kegiatan pembelajaran tahfidz al-Qur’an
menggunakan metode ummi, model pembelajaran yang dilaksanakan adalah model
privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, klasikal baca simak murni; (2) Upaya
ustadz-ustadzah dalam mengasah kemampuan menghafal al-Qur’an dengan cara sebagai berikut:
menghafal satu ayat dalam sehari atau lebih dari satu ayat sesuai dengan kemampuan, setiap hari
mengulang-ulang hafalannya agar tidak mudah lupa, efektifitas waktu, penggunakan metode
yang baik dan tepat, pemberian reward, motivasi dan muraja’ah setelah sholat fardhu. (3) Faktor
pendukung dan hambatan dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung yaitu adanya program
wisuda, ada 4 anak yang telah selesai hafalan 30 jus, fasilitas memadai, dan motivasi dari ustadz-
ustadzah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah anak kecil belum terlalu aktif diperintah
hafalan, banyak tugas dari sekolah mengakibatkan malas, lelah, letih dan ngatuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unmuh PPL 24
Date Deposited: 26 Nov 2024 04:07
Last Modified: 26 Nov 2024 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30404

Actions (login required)

View Item View Item