Khotim, Anjarni Kumala (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN ETOS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ANJARNI KUMALA KHOTIM MPI 211217003.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Manajemen kesiswaan merupakan suatu proses pengurusan segala hal yang berhubungan
dengan peserta didik di sekolah/madrasah mulai dari perencanaan, penerimaan peserta didik,
pembinaan yang dilakukan dari mereka masuk sekolah/madrasah sampai dengan lulus dari
sekolah/madrasah tersebut. Tujuan dari manajemen kesiswaan adalah menunjang
keberlangsungan pembelajaran sehingga hasil akhirnya sesuai dengan tujuan pendidikan. Untuk
mencapai tujuan tersebut, kesiswaan melakukan banyak hal yaitu dengan mengadakan
pembinaan terhadap peserta didik. Adapun pembinaan dilakukan untuk mendorong peserta didik
berkarya dan terampil dalam berbagai macam bidang baik itu akademik maupun non akademik.
Untuk mengajak peserta didik agar bisa berkarya dan terampil maka diperlukan etos belajar. Etos
belajar adalah kemauan peserta didik yang dicerminkan dalam tingkah laku peserta didik pada
saat pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan etos belajar dibutuhkan adanya pelaksanaan
program salah satunya melalui kegiatan kesiswaan. MAN 1 Madiun merupakan lembaga
pendidikan yang memiliki berbagai kegiatan kesiswaan di antaranya yakni program kelas
olimpiade, program kelas keterampilan dan program kelas tahfidz.
Berdasarkan uraian singkat di atas, peneliti bermaksud akan mengadakan penelitian
dengan tujuan penelitian: (1) Untuk menjelaskan manajemen kesiswaan sebagai upaya
peningkatkan etos belajar peserta didik di MAN 1 Madiun; (2) Untuk menjelaskan faktor
pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam meningkatkan etos belajar peserta
didik di MAN 1 Madiun; (3) Untuk menjelaskan dampak manajemen kesiswaan terhadap
peningkatan etos belajar siswa di MAN 1 Madiun.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif, yang mana peneliti langsung terjun
ke lapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah
disusun. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan
teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Narasumber utama penelitian ini adalah dari pihak kesiswaan dan kepala madrasah.
Dari hasil penelitian dapat di simpulkan sebagai berikut: 1) Manajemen kesiswaan dalam
meningkatkan etos belajar meliputi kegiatan perencanaan yang dimulai dari penggalian rencana
dari pembina yang diteruskan kepada pemangku untuk dikaji dan terakhir menjadi program
kegiatan kesiswaan, pelaksanaan kegiatan dilakukan setelah rencana dibuat dan dilaksanakan
sesuai dengan program kerja yang telah ada dan evaluasi dilakukan setelah pelaksanaan program
selesai. Untuk menilai keberhasilan pelaksanaan program maka madrasah menetapkan indikator-
indikator yairu meliputi keikutsertaan mengikuti lomba, prestasi yang diraih serta lulusan masuk
keperguruan tinggi negeri maupun swasta; 2) Faktor pendukung keberhasilan manajemen
kesiswaan meliputi adanya motivasi, pendanaan yang mencukupi dan kerja sama antar pihak
sedangkan faktor penghambat manajemen kesiswaan meliputi waktu yang bertabrakan dengan
jam pelajaran; 3) Dampak yang peroleh dari peningkatan etos belajar peserta didik di MAN 1
Madiun yaitu membantu kesiswaan mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah yaitu
mengirimkan delegasi madrasah untuk mengikuti perlombaan baik itu akademik maupun non
akademik serta membantu kegiatan penerimaan peserta didik baru, kemudian menciptakan
peserta didik yang aktif baik itu di kelas maupun di luar kelas, peserta didik memiliki ciri khas
yang tidak dimiliki sekolah lain, nama baik madrasah semakin bagus di lingkungan luar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Wilis Werdiningsih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 03:59 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 03:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30403 |
Actions (login required)
View Item |