Yusup, Ahmad Fatoni David Jazuli (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH KELAS VII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
211317073_Ahmad Fatoni David Jazuli Yusup_Tadris IPA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Salah satu pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk memiliki kompetensi tersebut
adalah IPA. Dalam bidang sains, tujuan pendidikan salah satunya adalah meningkatkan
keterampilan memecahkan masalah. kemampuan menyelesaikan masalah tersebut dapat
diterapkan dengan menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran
kontekstual dengan pendekatan outdoor learning. model pembelajaran kontekstual yang akan
menghasilkan landasan pengetahuan mendalam bagi setiap peserta didik, sehingga peserta didik
memiliki pemahaman yang kaya tentang masalah dan solusinya. Sedangkan pendekatan outdoor
learning membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik, dapat dilakukan dimana saja dengan
mengacu pada prosedur pembelajaran beralaskan bukti yang real, dimana materi pembelajaran
dialami spontan melalui aktivitas belajar langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas peserta didik selama
diterapkannya model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning, (2)
mengetahui perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik antara peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning
dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif Al Mukarrom, metode penelitian yang
digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design.
Sampel pada penelitian ini berjumlah 49 peserta didik yaitu kelas VII B sebanyak 26 peserta
didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebanyak 23 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Nilai rata-rata hasil lembar observasi
aktivitas peserta didik sebesar 85,42 dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa aktivitas peserta didik sangat baik selama diterapkannya model pembelajaran kontekstual
dengan pendekatan outdoor learning. (2) Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 17,4 sedangkan
kelas kontrol adalah 11,8, dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil rata-rata
pretest dan postest kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kontekstual dengan pendekatan outdoor learning dengan rata-rata pretest dan
postest kemampuan menyelesaikan masalah peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Hanin Niswatul Fauziah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Unmuh PPL 24 |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 03:06 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 03:06 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30396 |
Actions (login required)
View Item |