Kemampuan Berargumentasi Berdasarkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas III SDN I Pakunden Ponorogo

Puspitasari, Aprillia Dwi (2024) Kemampuan Berargumentasi Berdasarkan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas III SDN I Pakunden Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203200145 APRILLIA DWI PUSPITASARI PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Aprillia Dwi. 2024. Kemampuan Beragumen berdasarkan Sikap
Percaya Diri Percaya Siswa Kelas III SDN 1 Pakunden Ponorogo. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda
Riska Puspita, MA
Kata kunci: Kemampuan berargumen, Sikap Percaya Diri
Berargumen termasuk dalam keterampilan berbicara, karena berbicara
merupakan suatu kemampuan untuk mengucapkan, menyampaikan gagasan, dan
perasaan. Adapun salah satu faktor yang dapat memengaruhi berargumen yaitu
percaya diri. Diketahui bahwa terdapat keberagaman kemampuan beragumen siswa
di kelas III SDN 1 Pakunden Ponorogo. Dalam penyampaian argumen ada siswa
yang kurang memperhatikan topik pembahasan sehingga membuat argumen yang
disampaikan tidak sesuai dengan pembahasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan beragumen
berdasarkan sikap percaya diri siswa. Secara lebih rinci penelitian ini bertujuan
untuk, pertama, mendeskripsikan kemampuan berargumen siswa kelas III di SDN 1
Pakunden. Kedua, mendeskripsikan sikap percaya diri siswa kelas III di SDN 1
Pakunden. Ketiga, mendeskripsikan kemampuan berargumen siswa berdasarkan
sikap percaya diri siswa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian
ini menggunakan mean, standar deviasi, dan batasan kategori. Peneliti menyajikan
data dari hasil tes dan angket berupa tabel dan narasi.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil, pertama, kemampuan berargumen siswa
kelas III SDN 1 Pakunden Ponorogo terdapat 9 siswa dengan persentase 56,25%
kategori sangat baik, pada kategori baik terdapat 2 siswa dengan persentase 12,50%,
dan pada kategori cukup terdapat 5 siswa dengan persentase 31,25%. Kedua, sikap
percaya diri terdapat 8 siswa dengan persentase 50% memiliki rasa percaya diri
sangat baik, 4 siswa dengan persentase 25% memiliki rasa percaya diri baik, 3 siswa
dengan persentase 18,75% memiliki rasa percaya diri cukup, dan 1 siswa dengan
presentase 6,25% memiliki rasa percaya diri kurang. Ketiga, hasil kemampuan
berargumen berdasarkan sikap percaya diri siswa dikategorikan menjadi 7 kategori
yaitu 25% memiliki sikap percaya diri dengan kategori tinggi dan kemampuan
berargumenya tinggi. terdapat 6,25% memiliki sikap percaya diri dengan kategori
tinggi dan kemampuan berargumen sedang. Terdapat 25% memiliki sikap percaya
diri dengan kategori tinggi dan kemampuan berargumen rendah. Terdapat 25%
memiliki sikap percaya diri dengan kategori sedang dan kemampuan berargumen
tinggi. Terdapat 6,25% memiliki sikap percaya diri siswa dengan kategori sedang
dan kemampuan berargumen sedang. Terdapat 6,25% memiliki sikap percaya diri
dengan kategori rendah dan kemampuan berargumen tinggi. dan 6,25% memiliki
sikap percaya diri dengan kategori rendah dan kemampuan berargumen sedang.
Dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki kategori nilai yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2024 04:10
Last Modified: 26 Nov 2024 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30346

Actions (login required)

View Item View Item