Priyatama, Raafi Lingga (2024) ..( TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOUD ULANG)..Relevansi Buku Pecahkan Karya Pandji Pragiwaksono dan Ulwan Fakhri dengan Tahap dan Strategi Pembelajaran PAI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200164_RAAFI LINGGA PRIYATAMA_UPLOAD SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan komponen penting yang disusun oleh pendidik guna membantu jalannya proses pembelajaran berjalan efektif. Namun, dalam pelaksanaannya sering kali strategi pembelajaran berjalan tidak efektif dan monoton, terutama pada pembelajaran PAI. Berkenaan dengan hal tersebut, diperlukan alternatif yang menyenangkan dalam strategi pembelajaran, salah satunya menerapkan teknik stand-up comedy. Teknik stand-up comedy tersebut dijelaskan dalam buku Pecahkan karya Pandji Pragiwaksono dan Ulwan Fakhri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik stand-up comedy yang terkandung dalam buku Pecahkan karya Pandji Pragiwaksono dan Ulwan Fakhri, menjelaskan relevansi teknik stand-up comedy dalam buku Pecahkan karya Pandji Pragiwaksono dan Ulwan Fakhri dengan tahap strategi pembelajaran Dick dan Carey, serta menjelaskan relevansi teknik stand-up comedy dalam buku Pecahkan karya Pandji Pragiwaksono dan Ulwan Fakhri dengan strategi pembelajaran PAI.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil analisis data terkait teknik stand-up comedy dalam buku Pecahkan, didapati hasil sebagai berikut. Pertama, teknik stand-up comedy yang terkandung dalam buku Pecahkan, yaitu teknik premis, teknik set-up, teknik joke, teknik delivery, teknik act out, teknik impersonation, teknik riffing, teknik salam, dan teknik open mic. Kedua, teknik stand-up comedy dalam buku Pecahkan relevan dengan teori tahap strategi pembelajaran Dick dan Carey, yaitu teknik premis, set-up, dan joke dengan tahap pendahuluan, teknik delivery dengan tahap penyampaian informasi, teknik riffing dengan tahap partisipasi peserta didik, dan teknik premis serta set-up dengan tahap kegiatan lanjutan. Ketiga, teknik stand-up comedy dalam buku Pecahkan dengan jenis-jenis strategi pembelajaran PAI, yaitu teknik premis, set-up, joke, delivery, act out, impersonation, dan riffing relevan dengan strategi pembelajaran langsung, teknik premis relevan dengan strategi pembelajaran tidak langsung, teknik premis dan riffing relevan dengan strategi pembelajaran interaktif, teknik premis relevan pada strategi pembelajaran dengan pengalaman, dan teknik premis relevan dengan strategi pembelajaran mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Yuentie Sova Puspidalia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30335 |
Actions (login required)
View Item |