Primananda F. N, Ae (2024) Manajemen Humas dalam Membangun Brand Image di MTs Wahid Hasyim Badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
206200004_Ae Primananda F.N_MPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fatma Nurhaliza, AE Primananda. 2024. Manajemen Humas Dalam Membangun Brand Image di MTs Wahid Hasyim Badegan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Prof. Dr.Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci : Manajemen, Humas, Brand Image.
Persaingan pada lembaga pendidikan di Indonesia sangat ketat. Lembaga pendidikan mengupayakan untuk mendapatkan siswa yang banyak dengan berbagai strategi yang diterapkan. Hal ini disebabkan oleh kualitas dari lembaga yang baik dan menjadi daya tarik untuk siswa masuk. Brand dari sekolah yang berbeda-beda menjadi penentu dalam mengembangkan dan mendapatkan dampak yang positif. Inovasi serta strategi dalam pemasaran menjadi salah penentu untuk memberikan hasil yang diharapkan. Brand image yang ditawarkan paling tidak memiliki daya jual yang positif.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hasyim Badegan (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hasyim Badegan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hayim Badegan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif di MTs Wahid Hasyim Badegan Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi: kondensasi data, penyajian data, serta menggambarkan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil Penelitian ini menunjukkan: (1) Perencanaan humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hasyim Badegan yaitu dengan mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah. Dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru oleh kepala sekolah, guru, dan staff. Pembentukan tim sebagai penanggung jawab setiap kegiatan. Menentukan target promosi sekolah. Dan merancang desain promosi sekolah. (2) Pelaksanaan humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hasyim Badegan yaitu dengan mengerahkan semua komponen baik kepala sekolah, guru dan staff. Waktu pelaksanaan sesuai dengan rundown kegiatan. Membangun solidaritas dan semangat dalam membangun budaya religious sebagai brand image. Melakukan promosi secara konsisten dan berkelajutan untuk mencapai tujuan sekolah. (3) Evaluasi humas dalam membangun brand image di MTs Wahid Hasyim Badegan dilaksanakan pada akhir semester dan akhir tahun pembelajaran yang diikuti oleh kepala sekolah, guru, staff dan juga komite sekolah. Melakukan analisa dan assessment dari lapangan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program. Melakuka perbaikan dan peningkatan terhadap strategi yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan sekolah. Memberikan form evaluasi dan catatan secara berkala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mukhibat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:48 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30332 |
Actions (login required)
View Item |