SYAMSIYAH, NANA HIDAYATUS (2024) KORELASI ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS IV DI SDIT QURROTA AYYUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203200211 NANA HIDAYATUS SYAMSIYAH PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nana Hidayatus Syamsiyah. 2024. Korelasi antara Kecerdasan Logis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV di SDIT Qurrota Ayyun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kepercayaan Diri, Hubungan Korelasi, Siswa SD
Pendidikan merupakan proses yang mendasar dalam membentuk manusia untuk mencapai potensi terbaiknya. Salah satu aspek penting dalam pendidikan adalah pengembangan kecerdasan logis matematis dan kepercayaan diri siswa. Kecerdasan logis matematis dipandang sebagai kemampuan berpikir sistematis, logis, dan kritis dalam konteks pembelajaran matematika, sedangkan kepercayaan diri mencerminkan keyakinan positif siswa terhadap kemampuan mereka sendiri dalam menghadapi tantangan matematis.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kecerdasan logis matematis pada siswa kelas IV di SDIT Qurrota Ayyun Ponorogo. (2) Untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas IV di SDIT Qurrota Ayyun Ponorogo. (3) Untuk mengetahui ada atau tidak korelasi antara kecerdasan logis matematika dan kepercayaan diri siswa kelas IV SDIT Qurrota Ayyun Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expose facto untuk menginvestigasi hubungan antara kecerdasan logis matematis dan kepercayaan diri pada siswa kelas IV di SDIT Qurrota Ayyun, Ponorogo. Variabel kecerdasan logis matematis (X) diidentifikasi sebagai variabel independen, sedangkan kepercayaan diri (Y) sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah 28 siswa kelas IVAbu Bakar, dengan pengumpulan data dilakukan melalui angket yang menggunakan skala Likert. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif, uji normalitas, dan korelasi produk moment untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Mayoritas siswa menunjukkan persepsi positif terhadap kemampuan kecerdasan logis matematis mereka, seperti dalam operasi matematis dasar, pemahaman pola, dan penalaran logis. (2) Mereka juga menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi berbagai situasi, termasuk tugas yang sulit dan mengendalikan emosi negatif. (3) Hasil uji korelasi Product Moment menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dan kepercayaan diri siswa kelas IV di SDIT Qurrota Ayyun Ponorogo. Nilai korelasi (r) sebesar 0,869 mengindikasikan bahwa terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara kedua variabel tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | KURNIA HIDAYATI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:30 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30299 |
Actions (login required)
View Item |