Fuadi, Ahmad Chamim (2024) Pengaruh Perhatian Guru dan Teman Sebaya terhadap Kemampuan Menghafal Mahfudzat Siswa di SMP Bunga Bangsa Terpadu Pondok Pesantren Darul Muttaqien Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200006_Ahmad Chamim Fuadi_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Fuadi, Ahmad Chamim. 2024. Pengaruh Perhatian Guru dan Teman Sebaya terhadap Kemampuan Menghafal Mahfudzat Siswa di SMP Bunga Bangsa Terpadu Pondok Pesantren Darul Muttaqien Dolopo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dra. Aries Fitriani, M.Pd.
Kata Kunci: Perhatian Guru, Teman Sebaya, Kemampuan Menghafal
Mata pelajaran Mahfudzat merupakan salah satu mata pelajaran khusus yang berisi materi-materi yang harus dihafalkan serta dipelajari dengan tujuan untuk memberikan muatan yang apabila ditanamkan dalam diri dan kehidupan akan menjadi falsafah hidup yang penting dan berguna sampai masa datang, sehingga diperlukan perhatian khusus agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Namun kenyataan ditemukan beberapa temuan pada siswa SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo yang kurang maksimal dalam hasil kemampuan menghafal mahfudzat. Hal ini disebabkan oleh oleh banyak faktor. Misalnya adalah perhatian guru dan teman sebaya yang terdapat pada proses belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang lebih dalam untuk memahami pengaruh perhatian guru dan teman sebaya terhadap kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran mahfudzat di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo. Sebagai upaya untuk merencanakan strategi dan solusi agar tercapainya hasil yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh perhatian guru terhadap kemampuan menghafal mahfudzat siswa SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo. 2) Pengaruh teman sebaya terhadap kemampuan menghafal mahfudzat siswa SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo. 3) Pengaruh perhatian guru dan teman sebaya terhadap kemampuan menghafal mahfudzat siswa SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh, maka sampel untuk penelitian ini adalah 60 siswa. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) perhatian guru berpengaruh sebesar 9,6% dalam kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran mahfudzat di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo; 2) teman sebaya berpengaruh sebesar 9,3% dalam mempengaruhi kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran mahfudzat di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo; 3) perhatian guru dan teman sebaya berpengaruh sebesar 11,1% dalam mempengaruhi kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran mahfudzat di SMP Bunga Bangsa Terpadu Dolopo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aries Fitriani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 06:40 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 06:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30292 |
Actions (login required)
View Item |