Hijryah, Vilala Illailatul (2024) Pengaruh Kebutuhan Dan Diskon Terhadap Pembelian Implusif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Moderating Di Miniso Suncity Mall Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI VILALA_UPLOAD ETESIS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fenomena pembelian secara spontan atau sering disebut sebagai pembelian impulsif terus mengalami peningkatan, hal tersebut dikarenakan munculnya gairah dari konsumen untuk melakukan pembelian salah satunya brand asing. Salah satu brand asing yang paling banyak diminati yakni Miniso, hal tersebut dikarenakan semakin banyak gerai Miniso yang tersebar di seluruh Indonesia. Pembelian secara spontan yang dilakukan dipengaruhi oleh beberapa hal yakni kebutuhan dan diskon, kedua hal tersebut mendorong konsumen melakukan pembelian. Selain itu, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif yakni emosi positif. Emosi positif berhubungan dengan kondisi hati yang bahagia serta positif tentunya mendorong masyarakat melakukan pembelian spontan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menguji pengaruh kebutuhan terhadap pembelian impulsif; 2) Menguji pengaruh diskon terhadap pembelian impulsif; 3) Menguji pengaruh kebutuhan dan diskon secara simultan terhadap pembelian impulsif; 4) Menguji emosi positif memoderasi pengaruh kebutuhan terhadap pembelian impulsif; 5) Menguji emosi positif memoderasi pengaruh diskon terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengunjung ataupun pembeli Miniso Suncity Mall Kota Madiun, dengan jumlah sampel 98. Teknik sampling yang digunakan yakni insidental sampling. Analisis yang digunakan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23.
Dari penelitian ini diperoleh hasil: 1) Kebutuhan berpengaruh secara positif signifikan terhadap pembelian impulsif; 2) Diskon berpengaruh secara positif signifikan terhadap pembelian impulsif; 3) Kebutuhan dan diskon berpengaruh secara simultan terhadap pembelian impulsif; 4) Emosi Positif memoderasi pengaruh kebutuhan terhadap pembelian impulsif secara positif; 5) Emosi Positif memoderasi pengaruh diskon terhadap pembelian impulsif secara positif. Persentase pengaruh variabel kebutuhan dan diskon terhadap pembelian impulsif sebelum dimoderasi sebanyak 49% dan setelah dilakukan moderasi sebanyak 52.8%. Sehingga dapat disimpulkan terdapat kenaikan setelah adanya moderasi oleh emosi positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ely Masykuroh |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 01:22 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 01:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30278 |
Actions (login required)
View Item |