Andarini, Dzakiyah Sekar (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200058_Dzakiyah Sekar Andarini_Pendidikan Agama Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Akidah Akhlak adalah mata pelajaran yang membantu mengembangkan serta memperkuat keimanan, ketakwaan dan akhlak peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, kemampuan dan minatnya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh guru dan/atau tenaga pengajar sekolah yang berkualifikasi dan berwenang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana persiapan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah I Ponorogo; (2) bagaimana strategi guru dalam mengajarkan Akidah Akhlak dengan menerapkan Kurikulum Merdeka; dan (3) apa hambatan dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah I Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan peserta didik. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model Analisa Miles, Huberman dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil Analisa data ditemukan bahwa. (1) Persiapan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah I Ponorogo dimulai pada tingkatan kelas VII dan kelas VIII, meliputi kegiatan sosialisasi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dan workshop terkait penyiapan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang ditetapkan Kementerian Agama serta pelatihan internal yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. (2) Strategi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak dengan penerapan Kurikulum Merdeka di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah dengan beberapa strategi pembelajaran berikut, strategi pembelajaran kolaboratif, strategi berbasis masalah, strategi pembelajaran berbasis proyek, strategi pembelajaran berbasis diskusi. (3) Hambatan dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 1 Ponorogo, berdasarkan penyajian data dan analisis data pada bab sebelumnya disimpulkan bahwa implementasi kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Mts Muhammadiyah 1 Ponorogo yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak mengalami hambatan berupa kurangnya fasilitas yang memadai yang digunakan dalam penerapan Kurikulum Merdeka dan perbedaan tahap pemahaman peserta didik terhadap materi mata pelajaran Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Aries Fitriani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:47 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30274 |
Actions (login required)
View Item |