Peran Komite Sekolah Sebagai Pendukung Dalam Membangun Pendidikan Akhlak Di SMKN 1 Ponorogo

'Aliyyah, Himmatul (2024) Peran Komite Sekolah Sebagai Pendukung Dalam Membangun Pendidikan Akhlak Di SMKN 1 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HIMMATUL ‘ALIYYAH 201200086 SKRIPSI ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
‘Aliyyah, Himmatul. 2024. Peran Komite Sekolah dalam Membangun Pendidikan Akhlak Di SMKN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing H. Mukhlison Effendi, S.Ag. M.Ag.
Kata kunci: peran, komite sekolah, pendidikan akhlak

Komite sekolah sangat dibutuhkan dalam suatu lembaga sekolah untuk mendukung keberlangsungan pendidikan di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan tempatnya yang berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat. Namun, dalam implementasinya peran komite sendiri masih belum maksimal sebagai pendukung proses pendidikan sekolah agar pihak penyedia pendidikan atau sekolah dapat terjembatani kepada konsumen pendidikan yaitu masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan 1) peran komite sekolah sebagai pedukung dalam membangun pendidikan akhlak di SMKN 1 Ponorogo. 2) peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan dalam membangun pendidikan akhlak di SMKN 1 Ponorogo. 3) faktor pendukung dan penghambat peran komite sekolah dalam membangun pendidikan akhlak di SMKN 1 Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan menemukan fenomena yag ada dalam lingkungan sosial dengan mengedepankan pada interaksi antara peneliti dengan sumber penelitian. Fenomenologi merupakan kajian penelitian kualitatif dengan melihat fenomena alami yang ada didepan mata serta mengamatinya dalam keadaan sadar dan mengaitkannya dengan pengalaman yang ada.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Komite sekolah SMKN 1 Ponorogo berperan penting sebagai pendukung dalam membangun pendidikan akhlak. Dukungan ini terlihat melalui keterbukaan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan, kolaborasi dengan orang tua, masyarakat, dan lingkungan, serta pengalokasian anggaran untuk program-program pendidikan akhlak. 2) Sebagai pemberi pertimbangan, komite sekolah turut berperan aktif dalam memberikan usulan, kritik, dan saran untuk program pendidikan akhlak. Mereka berpartisipasi dalam rapat dengar pendapat, memberikan masukan terkait rencana kegiatan, serta melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program pendidikan akhlak mencakup keterbukaan pihak sekolah dan dukungan penuh terhadap kegiatan keagamaan dan pembentukan karakter. Namun, terdapat juga faktor penghambat, seperti keterbatasan kemampuan komite dalam pengawasan dan keterbatasan anggaran yang dapat mempengaruhi keberlanjutan program. Selain itu, respon pribadi siswa terhadap pembiasaan karakter positif dan kegiatan keagamaan juga menjadi tantangan dalam pelaksanaan program.

ABSTRACT

'Aliyyah, Himmatul. 2024. The Role of the School Committee in Building Moral Education at SMKN 1 Ponorogo. Thesis. Department of Islamic Religious Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Ponorogo State Islamic Institute. Supervisor H. Mukhlison Effendi, S.Ag. M.Ag.
Key words: role, school committee, moral education
A school committee is really needed in a school institution to support the continuity of education in the midst of community life and its location in the middle of community settlements. However, in its implementation the role of the committee itself is still not optimal as a supporter of the school education process so that education providers or schools can be bridged to education consumers, namely the community.
This research aims to analyze and describe 1) the role of the school committee as a supporter in building moral education at SMKN 1 Ponorogo. 2) the role of the school committee as a consideration in developing moral education at SMKN 1 Ponorogo. 3) supporting and inhibiting factors for the role of the school committee in developing moral education at SMKN 1 Ponorogo.
The type of research used in this research is qualitative descriptive research with a phenomenological approach. Qualitative research is research that aims to discover phenomena that exist in the social environment by prioritizing interactions between researchers and research sources. Phenomenology is a qualitative research study by looking at natural phenomena that are in front of the eyes and observing them in a conscious state and relating them to existing experiences.
The results of this research are 1) The school committee of SMKN 1 Ponorogo plays an important role as a supporter in building moral education. This support can be seen through openness in implementing educational activities, collaboration with parents, the community and the environment, as well as budget allocation for moral education programs. 2) As a consideration provider, the school committee plays an active role in providing suggestions, criticism and suggestions for moral education programs. They participate in hearings, provide input regarding activity plans, and supervise budget use. 3) Supporting factors in implementing moral education programs include openness from the school and full support for religious activities and character formation. However, there are also inhibiting factors, such as the committee's limited ability to supervise and budget limitations which can affect the sustainability of the program. Apart from that, students' personal responses to positive character development and religious activities are also challenges in implementing the program.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhlison efendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:52
Last Modified: 21 Nov 2024 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30257

Actions (login required)

View Item View Item