Peran Kepala Sekolah dalam Penanaman Nilai Religiusitas Siswa di SMP Ma'arif 5 Ponorogo

Andriani, Tiyas Dwi (2024) Peran Kepala Sekolah dalam Penanaman Nilai Religiusitas Siswa di SMP Ma'arif 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tiyas Dwi Andriani 201200406.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Andriani, Tiyas Dwi. 2024. Peran Kepala Sekolah Dalam Penanaman Nilai Religiusitas Siswa Di Smp Ma’arif 5 Ponorogo. Skripsi, Jursan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton. M. Pd.I

Kata kunci : Penanaman Nilai, Peran Kepala Sekolah, Motivator

Dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya, kepala sekolah harus melakukan pengelolaan dan pembinaan sekolah dengan pemahaman yang baik berkaitan kepemimpinan. Kepala sekolah juga harus menguasai akan seluruh aspek manajerial dan dapat mengembangkan kemampuan manajerialnya dengan sebaik mungkin.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Strategi kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai religius terhadap siswa, (2) Keterlibatan kepala sekolah terhadap penanaman nilai religiusitas terhadap siswa,(3) Tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam menanamkan nilai religius terhadap siswa.
Adapun penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data, dengan melakukan observasi terhadap kegiatan sehari-hari di sekolah serta wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif, yang tujuannya mengorganisasikan, menginterprestasikan, dan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Strategi penanaman nilai religius yang diterapkan oleh kepala sekolah menunjukkan pendekatan holistik yang efektif. Melalui peran teladan, motivasi, dan integrasi dengan kebijakan penilaian sekolah, kepala sekolah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pembentukan karakter siswa. (2) Keterlibatan kepala sekolah dalam penanaman nilai religiusitas siswa memiliki dampak yang signifikan. Melalui program keagamaan yang diterapkan dan kepemimpinan transformasional yang dipraktikkan, kepala sekolah berhasil memotivasi siswa serta menciptakan lingkungan sekolah yang religius. (3) Masih ada beberapa siswa yang kurang dukungan dari keluarga yang termasuk salah satu hal yang menyebabkan hambatan bagi siswa untuk pembiasaan melakukan hal-hal baik mengenai keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Nov 2024 01:46
Last Modified: 21 Nov 2024 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item