SAHIROH, NUR (2023) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PERSEPSI KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR FIKIH SISWA KELAS IX DI MTsN KOTA MADIUN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201190438_NUR FAIZ KHOIRIYATU SAHIROH_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Disiplin adalah suatu keadaan sikap atau perilaku seseorang yang mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dapat menciptakan ketertiban dan keteraturan. Sementara itu kedisiplinan belajar dipengaruhi oleh faktor pola asuh orang tua, dan lingkungan. Lingkungan tersebut meliputi keluarga, sekolah dan teman sebaya. Diketahui juga bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar, khususnya keteladanan guru. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, terlihat jelas masih banyak siswa yang kurang disiplin karena ada beberapa hal.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MTsN Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023; (2) mengetahui apakah keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MTsN Kota Madiun Tahun Ajaran 2022/2023; (3) mengetahui apakah pola asuh orang tua dan keteladanan guru berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MTsN Kota Madiun tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data menggunakan instrument angket. Sampel pada peneliti ini berjumlah 172 responden. Dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model statistik yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) pola asuh orang tua tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MTsN Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023. (2) keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MTsN Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh 28,3%; (3) pola asuh orang tua dan keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar fikih siswa kelas IX di MtsN Kota Madiun tahun ajaran 2022/2023 dengan besarnya pengaruh 28,4%
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | ANDHITA DESSY WULANSARI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 15 Nov 2024 01:29 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30216 |
Actions (login required)
View Item |