Oktaviani, Reyhan Hikmatul (2024) Pengembangan Materi Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pelajaran IPA Di MI Ma'arif Gandu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS REYHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Penelitian yang dilakukan di MI Ma’arif Gandu, studi pendahuluan dilakukan pada siswa kelas V diketahui bahwa, dalam proses pembelajaran mengalami kesulitan pada unsur bahan ajar ini, sehingga ditemukan beberapa permasalahan, yaitu kurangnya sarana prasarana dikarenakan kurang lengkap, hilang, dan rusak dan minimnya buku LKS yang menunjang berpikir logis siswa, selain itu pembelajaran berlangsung hanya sebatas menggunakan pegangan guru dan siswa. Kurang lengkapnya isi buku LKS dikarenakan buku dari terbitan yang berbeda-beda, juga menjadi dampak buruk bagi siswa dikarenakan banyak siswa yang bertanya perihal soal dengan materi yang ada dibuku tidak saling berhubungan, sehingga menyebabkan siswa harus dituntut berpikir logis dalam menyelesaikan soal pembelajaran. Oleh karena itu guru membutuhkan buku yang dapat membantu perkembangan kemampuan berpikir logis pada siswa.
Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan materi ajar, dan keefektivan materi ajar yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa di MI Ma’arif Gandu.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development dengan melakukan langkah dari model pengembangan ADDIE. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V sejumlah 25 anak. Aspek yang divalidasi oleh validator yaitu aspek konten dan aspek desain media. Efektivitas materi ajar diketahui dengan memberikan tes kepada siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik mixed methode.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pengembangan materi ajar dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. 2) materi ajar dinyatakan valid ditunjukkan dari hasil validitas koten dan desain media yang mendapat rata-rata persentase sebesar 75%. 3) materi ajar dinyatakan berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa ditunjukkan dari hasil uji Effect Size Cohen’s d sebesar 0.8577, sementara itu jika dilihat dari ketuntasan belajar, 92% siswa telah mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa materi ajar telah teruji cukup valid, dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir logis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Anis Afifah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 06:35 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 03:37 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30189 |
Actions (login required)
View Item |