Susanto, Ardian (2024) Strategi Pemasaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Citra di SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ARDIAN SUSANTO 201200244 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Susanto, Ardian. 2024. Strategi Pemasaran Berbasisi Digital Untuk Meningkatkan Citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dian Pratiwi, M.M.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Digital, Marketing
Strategi pemasaran merupakan proses upaya untuk meyakinkan dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan atau masyarakat. Dalam menangani persaingan keeksisan dengan lembaga lain SMP Ma’arif 1 Ponorogo menerapkan strategi pemasaran digital melalui media website, instagram dan facebook, dengan membagikan konten positif berupa profil dan potensi yang dimiliki oleh siswa di SMP Ma’arif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan mengenai implementasi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (2) mendeskripsikan mengenai implikasi strategi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (3) mendeskripsikan mengenai problematika penerapan strategi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua guru yang berpengaruh terutama dalam hal pemasaran di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Data dari hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data (data condensation), penyajian data ( data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi ( conclusion drawing/verifications).
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) implementasi strategi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yaitu melalui konsep digital marketing yaitu menggunakan Content Marketing (Mobile Marketing, Integrated Marketing and Continuous Marketing) sebagai cara memetakan pelanggan agar lebih efektif ; (2) Implikasi strategi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo yaitu mendorong masyarakat untuk percaya dan mengambil keputusan dalam menyekolahkan anaknya berdasarkan citra yang dimiliki sekolah, dibuktikan dengan selalu adanya sebuah prestasi yang diunggulkan di sekolah khususnya dalam bidang agama.; (3) Adapun problematika dalam pelaksanaan strategi pemasaran berbasis digital untuk meningkatkan citra di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah kurangnya sumber daya manusia dalam pengaplikasian media sosial sekolah , kurangnya pengelolaan dalam membuat berita di media sosial yang berupa pamflet dan brosur, dan persaingan ketat dengan sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dian Pratiwi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:57 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:57 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30161 |
Actions (login required)
View Item |