Komparasi Prestasi Belajar ditinjau dari Gaya Belajar dan Kecemasan Diri Siswa Kelas 4 SDN 2 Tonatan Ponorogo

Sesanti, Elsa Kharisma Dyah Ayu (2023) Komparasi Prestasi Belajar ditinjau dari Gaya Belajar dan Kecemasan Diri Siswa Kelas 4 SDN 2 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203190231_ELSA_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sesanti, Elsa Kharisma Dyah Ayu, 2023. Komparasi Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kecemasan Diri Siswa Kelas 4 SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Gaya Belajar, Kecemasan Diri
Prestasi belajar adalah hasil belajar seseorang dalam kurun waktu tertentu untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, yang ditentukan oleh tes prestasi belajar dan dinyatakan dalam bentuk nilai atau skor. Penelitian ini dilakukan karena peneliti melihat permasalahan yang ada di SDN 2 Tonatan Ponorogo bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa, dimana hal tersebut dikarenakan dipengaruhi gaya belajar setiap siswa yang berbeda-beda, dan kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti pembelajar yang dikarenakan gaya ajar yang diberikan guru belum mencakup seluruh gaya belajar yang dimiliki siswa, sehingga dapat mengakibatkan kecemasan diri pada siswa karena siswa belum bisa menguasai materi yang disampaikan guru dengan baik. Hal tersebut terjadi di kelas 4 SDN 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk ;1) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari gaya belajar; 2) mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar ditinjau dari kecemasan diri; dan 3) mendeskripsikan bagaimana interaksi gaya belajar dan kecemasan diri terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental yang bertujuan untuk menjawab pengaruh gaya belajar dan kecemasan diri terhadap prestasi belajar siswa kelas 4 SDN 2 Tonatan Ponorogo, dengan populasi siswa kelas 4A dan 4B SDN 2 Tonatan Ponorogo berjumlah 43 siswa dengan menggunakan sampel jenuh dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentsi. Data hasil penelitian selanjutnya di uji menggunakan uji hipotesis anova dua arah (Two Way Anova).
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa variansi dari populasi bersifat normal dan homogen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar; 2) tidak terdapat perbedaan gaya belajar ditinjau dari kecemasan; dan 3) terdapat interaksi antara gaya belajar dan kecemasan diri terhadap prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:52
Last Modified: 10 Sep 2024 03:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item View Item