Rahayu, Sulistia (2024) Pengaruh Pendapatan, Brand Image, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wizzmie Pada Generasi Z di Kota Surabaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
401190193_SULISTIA RAHAYU.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Rahayu, Sulistia. 2024. Pengaruh Pendapatan, Brand Image, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wizzmie Pada Generasi Z di Kota Surabaya. Skripsi. 2024. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M. Si.
Kata Kunci : Wizzmie, Pendapatan, Brand Image, Label Halal, Keputusan Pembelian.
Semakin majunya perkembangan zaman, banyak rumah makan yang berdiri khususnya di Kota Surabaya. Wizzmie merupakan brand rumah makan yang berdiri pada awal tahun 2022. Wizzmie menjual aneka menu makanan dan minuman yang penyajiannya mengikuti perkembangan zaman, namun menu yang paling banyak penjualannya ialah varian mie pedas. Dengan pendapatan yang diperoleh, Generasi Z masih bisa membeli produk Wizzmie yang harganya terjangkau. Semakin besar pendapatan yang diperoleh, semakin sering membeli produk Wizzmie. Pembelian produk Wizzmie berdasarkan brand image yang dimiliki, semakin bagus brand image, maka semakin besar keputusan pembelian di Wizzmie. Label halal tidak menjadi pertimbangan, karena penilaian kehalalan berdasarkan bahan dan proses pembuatan yang dilakukan yang digunakan. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada Generasi Z di Kota Surabaya, adanya perbedaan teori dan fakta pada variabel pendapatan, brand image, dan label halal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendapatan terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie pada Generasi Z di Kota Surabaya, untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie pada Generasi Z di Kota Surabaya, untuk menganalisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie pada Generasi Z di Kota Surabaya, untuk menganalisis pengaruh pendapatan, brand image, dan label halal secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie pada Generasi Z di Kota Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria tertentu yang berjumlah 100 responden. Sedangkan metode pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data menggunakan uji instrumen yakni uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis yakni dari uji t, uji F, dan uji R Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie. Pendapatan dan brand image secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Wizzmie. Namun, secara simultan pendapatan, brand image, dan label halal memiliki hubungan erat dan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk Wizzmie sebesar 12,8%. Sedangkan sisanya sebesar 87,2% tidak dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Maulida Nurhidayati |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:26 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:26 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30076 |
Actions (login required)
View Item |