Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Dalam Menciptakan Brand Image (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Ponorogo)

Shofiyah, Waridatus (2023) Strategi Pemasaran Pondok Pesantren Dalam Menciptakan Brand Image (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS_WARIDATUS SHOFIYAH_502210074-halaman.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problem kompetitif pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan untuk mempertahankan, meningkatkan pelayanan dan kegiatan agar lebih berkualitas.Dalam hal ini, pondok pesantren melakukan berbagai Langkah dengan mengggunakan stategi marketing dalam menarik calon santri.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan mengenai: (1) Bagaimana tahapan strategi pemasaran (marketing strategy) yang dilakukan oleh pondok pesantren Al Barokah, (2) Bagaimana implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Barokah dan (3) Bagaimana dampaknya strategi pemasaran dalam menciptakan brand image.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Lokasi penelitiannya di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya mengggunakan model Milles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondentasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing).
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) Pondok pesantren Al Barokah melakukan tahapan strategi pemasaran yaitu (a) Segmentasi pasar (Segmentasion). Pondok Pesantren melakukan segmentasi demografis dan psikografis. (b) menetapkan pasar sasaran (targeting) yaitu usia pelajar dan mahasiswa, (c) Diferensiasi (Differentsiasion), meliputi produk; kurikulum dan program, layanan dan personal, (d) menetapkan posisi pasar (Positioning) lembaga yang membumi dengan masyarakat, (2) Implementasi strategi bauran pemasaran (marketing mix) dengan menerapkan 7 P yaitu produk, harga, lokasi, promosi, SDM, bukti fisik dan proses, dan (3) Dampaknya dalam menciptakan brand image, menjadikan lembaga terkenal dengan segala fasilitas, bangunan serta program-programnya.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Brand Image

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:35
Last Modified: 06 Aug 2024 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30075

Actions (login required)

View Item View Item