PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AMDK MEREK AIRMU DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI

IMAM, MUCHTAR (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AMDK MEREK AIRMU DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
501210011_IMAM MUCHTAR_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keputusan pembelian merupakan faktor penting untuk diperhatikan oleh pelaku usaha agar dapat menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat beli konsumen serta meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dalam meningkatkan produk yang dipasarkan. Saat membeli suatu produk, konsumen memiliki banyak alasan mengapa mereka membeli produk tersebut seperti karena harga, pelayanan, dan manfaat dari produk sehingga mereka merasa puas membeli produk tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian AMDK merek AirMu dengan citra merek sebagai variabel moderasi.
Objek penelitian ini adalah perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) merek AirMu yang berlokasi di Kabupaten Ponorogo, dengan menggunakan 100 sampel konsumen yang tersebar di seluruh wilayah Ponorogo. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner serta studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo, promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo. Citra merek dapat memoderasi faktor kualitas produk terhadap keputusan pembelian citra merek dapat memoderasi faktor harga terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo, citra merek dapat memoderasi faktor harga terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo, citra merek dapat memoderasi faktor promosi terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo. Secara simultan, kualitas produk, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian AMDK Merek AirMu di Kabupaten Ponorogo dengan besarnya pengaruh sebesar 84,1% dan sisanya sebesar 15,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: LUHUR PRASETYO & AMIN WAHYUDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:56
Last Modified: 23 Jul 2024 04:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item View Item