'Aini, Binti Lathifatul (2024) ..(TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI 211217001 BINTI LATHIFATUL AINI .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Lathifatul Aini, Binti. 2024. Manajemen Humas dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Muhammad Thoyib, M. Pd.
Pada prinsipnya sekolah atau madrasah sebagai satuan pendidikan tidak akan menjadi bermutu dengan sendirinya, melainkan melalui berbagai upaya peningkatan mutu pendidikannya. Peningkatan mutu pendidikan hanya akan terjadi secara efektif bilamana dikelola dengan manajemen yang tepat. Adapun salah satu peran manajemen di lembaga tersebut yaitu manajemen Humas, sebagaimana dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat. Seperti halnya humas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun yang memiliki manajemen tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan humas dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun, (2) mendeskripsikan pelaksanaan humas dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun, (3) mendeskripsikan evaluasi humas dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analis data menggunakan konsep Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan; Pertama terkait perencanaan humas dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun yang mencangkup semua proses perencanaan di lembaga tersbut. Dimulai dengan adanya kolaborasi terkait program sekolah, yang kemudian dilanjutkan dengan mengidentifikasi masalah, merumuskan tujuan, penetapan strategi, proses perencanaan, penetapan anggaran, menentukan standar evaluasi, dan penyusunan program. Hal tersebut dilakukan oleh waka humas, waka kurikulum, dan waka kesiswaan beserta tim dibawah pengawasan kepala sekolah. Hasil dari perencanaan tersebut dituangkan dalam beberapa program yaitu: evaluasi capaian Pendidikan yang berasal dari assessment kelas, Rencana Kerja Madrasah (RKM), perbaikan mutu madrasah dalam hal ini adalah meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan online maupun offline, dan monev (monitoring dan evaluasi) yang dilakukan setaip awal dan akhir tahun pembelajaran. Kedua terkait pelaksanaan humas dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun. Dalam pelaksanaannya terdapat sinergi antar bagian, dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan monitoring kinerja tim. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara internal seperti guru, staf dan siswa, sedangkan secara eksternal seperti masyarakat, instansi, perusahaan dan media massa. Ketiga terkait evaluasi humas dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Madiun. Evaluasi dilakukan secara berkala, dan dilakukan oleh humas berserta tim yang kemudian dilaksanakan bersama dengan seluruh kepengurusan madrasah, sehingga upaya yang dilakukan lembaga dapat meningkatkan mutu Pendidikan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Thoyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:12 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30031 |
Actions (login required)
View Item |