Al Fiyah, Laili (2024) Manajemen Program Gerakan Literasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu Madrasah (Studi Kasus Di MTsN Kota Madiun). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502200018_LAILI AL FIYAH_S2 MPI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi penggunaan digital di lingkungan madrasah yang mana hanya sampai batas perangkat untuk mengetahui informasi, melakukan komunikasi dan mencari materi belajar. Mayoritas warga madrasah dan masyarakat masih rabun wawasan membaca tertutama baca buku, memperoleh informasi hanya sekedar lisan ke lisan serta sebagian warga madrasah masih buta teknologi internet. Oleh karena itu, perlunya program gerakan literasi digital demi peningkatan mutu madrasah yang mana madrasah masih bisa di pandang hidup, maju dan bermartabat oleh masyarakat di lihat dari aktivitas atau program kerja yang di publikasikan di website dan media sosial madrasah sebagai bukti kebenaran.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menjelaskan penerapan fungsi manajemen program gerakan literasi digital di MTsN Kota Madiun, (2) menjelaskan proses penerapan manajemen program gerakan literasi digital dalam rangka meningkatkan mutu madrasah di MTsN Kota Madiun, dan (3) menjelaskan dampak manajemen program gerakan literasi digital dalam upaya peningkatan mutu madrasah di MTsN Kota Madiun. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian di MTsN Kota Madiun. Dalam penelitian ini, menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif Miles Huberman dan Saldana. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber data, teori dan metode serta kecukupan referensial.
Temuan yang peneliti dapatkan adalah bahwa dalam penyelenggaraan program gerakan literasi digital yaitu di dasari pada POAC (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan) yang mana perencanaan (menetapkan sasaran program literasi digital, merumuskan strategi pencapaian terhadap program literasi digital, menentukan sumber daya, dan menetapkan standar / indikator keberhasilan program gerakan literasi digital di madrasah). Pada pengorganisir (pengorganisasian sumber daya manusia, dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam pembuatan program digitalisasi pendidikan madrasah), pada pelaksanaannya (mengenalkan internet dan media sosial, membuat konten yang positif dan kreatif, melindunggi diri dari cyberbullying dan penipuan online, dan memanfaatkan media sosial serta platform digital pembelajaran) dan yang terakhir pada pengawasan yaitu melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Kemudian upaya meningkatkan mutu madrasah mendasari pada I-P-O (input, proses dan output) yaitu input mencakup pada karaktersitik peserta didik dan sumber daya finansial, proses mencakup pada desain teknologi pendidikan madrasah, dan input meliputi program madrasah, dan output mencakup pada prestasi peserta didik dan penghargaan terhadap madrasah dan yang terakhir dampak manajemen program gerakan literasi digital dalam upaya peningkatan mutu madrasah di MTsN Kota Madiun terdiri dari dampak internal meliputi keluarga, masyarakat serta fasilitas lembaga madrasah berupa hotspot area dan eksternal meliputi akses internet, kuota data internet serta cyberbullying dan penipuan online.
Keywords: Manajemen, Program Gerakan Literasi Digital, Mutu Madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | NUR KOLIS SUGIYAR |
Location: | IAIN PONOROGO |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:10 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30028 |
Actions (login required)
View Item |