..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULSAN, UPLOAD ULANG).. Pengaruh Kualitas Layanan AkademiIk dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023

Khasanah, Lutfiatul (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN KEASLIAN TULSAN, UPLOAD ULANG).. Pengaruh Kualitas Layanan AkademiIk dan Sarana Prasarana Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Thesis_Lutfiatul Khasanah NIM 502220028.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Khasanah, Lutfiatul. 2024. Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2022/2023. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag, Dr. Retno Widyaningrum, M.Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan ketidakpuasan mahasiswa yaitu mahasiswa complain terhadap kinerja staf akademik yang kurang cepat tanggap dalam menangani urusan dan permasalahan mahasiswanya. Selain itu, fasilitas buku referensi di perpustakaan belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, sehingga mahasiswa harus mencari diluar Pascasarjana. Statiun pengisian daya atau colokan listrik masih kurang berfungsi dengan baik
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui Kualitas Layanan Akademik berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa. 2) Untuk mengetahui Kualitas Layanan Sarana prasarana berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Mahasiswa. dan 3) Untuk mengetahui Kualitas Layanan Akademik dan Kualitas Layanan Sarana Prasarana berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 102 mahasiswa pascasarjana dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan dianalisis menggunakan

pemodelan persamaan struktural (SEM) untuk secara bersamaan menguji semua hubungan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan :(1) Kualitas layanan akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Pascasarjana di IAIN Ponorogo, dengan nilai P value sebesar 0.000. dengan perolehan data T Statistic (O/STDEV) sebesar 12.853. dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Pascasarjana IAIN Ponorogo, sehingga H1 dalam penelitian ini diterima ;(2) Kualitas layanan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Pascasarjana IAIN Ponorogo, dengan nilai P sebesar 0.000 dengan perolehan data T Statistics (|O/STDEV|) sebesar 25.012. Dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Pascasarjana, sehingga H2 dalam penelitian ini diterima
; (3) Kualitas layanan akademik dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Pascasarjana IAIN Ponorogo, dengan nilai P sebesar
0.000 dengan perolehan data data T Statistics (|O/STDEV|) sebesar 12.853 dan 25.012. Dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan akademik dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa di Pascasarjana IAIN Ponorogo, sehingga H3 dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Kualitas Layanan Aakdemik, Sarana Prasarana, Kepuasan Mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mukhibat, Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:27
Last Modified: 16 Jul 2024 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30016

Actions (login required)

View Item View Item