..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penanaman Nila-Nilai Sosial Melalui Penguatan Ekstrakurikuler Karawitan SMP Negeri 2 Ponorogo

'Aisi, Luthfiana Agustina (2024) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penanaman Nila-Nilai Sosial Melalui Penguatan Ekstrakurikuler Karawitan SMP Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
20820023 LUTHFIANA AGUSTINA AISI TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aisi, Lutfiana Agustina. 2024. Penanaman Nilai Sosial Melalu Penguatan Ekstrakurikuler Karawitan Di SMP Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata kunci: Nilai Sosial, Ekstrakurikuler, Karawitan
Makhluk sosial yang saling bersama melakukan interaksi membutuhkan nilai sosial sebagai pedoman hidup. Nilai sosial menjadi pedoman kehidupan untuk saling melakukan aktivitas dengan individu lainnya. Namun pada kenyataannya banyak peserta didik yang melakukan hal menyimpang dari nilai sosial. Terlebih lagi di era globalisasi yang berdampak pada penyimpangan nilai sosial dikalangan remaja saat ini. Maka dengan adanya hal ini guru perlu memberikan inovasi dalam belajar nilai sosial agar tidak berkesan monoton dan juga memanfaatkan media di sekitar siswa.
Didalam karawitan terdapat nilai etika dan estetika yang memberikan keuntungan pada kehidupan terutama masyarakat jawa. Dengan adanya karawitan dapat menunjang penanaman nilai sosial dan juga dapat memberikan usaha pelestarian daerah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah proses penanaman nilai sosial melalui pengutan ekstrakurikuler karawitam di SMP Negeri 2 Ponorogo. 2) Bagaimanakah implikasi penanaman nilai sosial melalui penguatan ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif. Teknikik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode interaktif dengan langkah: 1) Pengumpulan data, 2) Kondensasi data, 3) Penyajian data, 4) Verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penguatan ekstrakurikuler karawitan dapat digunakan sebagi penanaman nilai sosial. Proses pembelajaran dengan cara memakai karawitan dapat memperoleh keselarasan memainkan alat. Dengan adnya keselarasan peserta didik dapat memperoleh pemahaman penanaman nilai sosial, ekstrakurikuler karawitan memberikan edukasi bahwa penerapan nilai sosial kepada peserta didik sebab karawitan sendiri adalah kesenian lokal yang menempel bagi kehidupan masyarakat jawa. Ekstrakurikuler karawitan menyebabkan perubahan sifat peserta didik lebih menjadi sopan santun dan inovatif. Implikasi dari penanaman nilai sosial melalui penguatan karawitan dengan menggunakan karawitan siswa dapat lebih memiliki sikap gotong royong, kasih sayang dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh WIdda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:01
Last Modified: 16 Jul 2024 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/30008

Actions (login required)

View Item View Item