Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Perilaku Guru, dan Pembelajaran Merdeka terhadap Karakter Siswa SMP di Kabupaten Madiun

Muniroh, Anwarul (2024) Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Perilaku Guru, dan Pembelajaran Merdeka terhadap Karakter Siswa SMP di Kabupaten Madiun. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220007_ANWARUL MUNIROH_S2 MPI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muniroh, Anwarul. 2024. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Perilaku Guru, dan Pembelajaran Merdeka terhadap Karakter Siswa SMP di Kabupaten Madiun. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M.Ag, Dr. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Perilaku Guru, Pembelajaran Merdeka, Karakter Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seriusnya isu krisis karakter siswa yang mencakup penurunan moral dan akhlak serta pemahaman akan pentingnya pengembangan karakter siswa di SMP Di Kabupaten Madiun, yang mencakup kegiatan ekstrakurikuler, perilaku guru, dan pembelajaran merdeka sebagai faktor-faktor yang berpotensi memengaruhi pengembangan karakter siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan, mengidentifikasi, dan menilai apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kegiatan ekstrakurikuler, perilaku guru, dan pembelajaran merdeka terhadap karakter siswa SMP di Kabupaten Madiun.
Jenis penelitian ini adalah kausal kuantitatif, dengan populasi merupakan Siswa SMP di Kabupaten Madiun dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 142 Siswa yang tersebar di beberapa SMP di Kabupaten Madiun yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM – PLS menggunakan tools SmartPLS 3.2.9.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa SMP di Kabupaten Madiun dengan koefisien jalur 0.289, t-value 2.800, dan p-value 0.042. Kemudian, perilaku guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter siswa SMP di Kabupaten Madiun dengan koefisien jalur 0.388, t-value 4.588, dan p-value 0.004. Pembelajaran merdeka memiliki pengaruh paling kuat dan signifikan terhadap karakter siswa SMP di Kabupaten Madiun dengan koefisien jalur 0.845, t-value 9.035, dan p-value 0.000. Dan yang terakhir bahwa pendekatan pembelajaran merdeka dengan dukungan tambahan dari peran kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi dan Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:51
Last Modified: 16 Jul 2024 00:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29993

Actions (login required)

View Item View Item