Martiana, Feri Dwi (2024) ...(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MI GUPOLO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210617035_Feri Dwi Martiana_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Martiana, Feri Dwi. 2024. Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Materi Perkembangbiakan Hewan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Di MI Gupolo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata kunci :Strategi Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar, Card Sort
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan siswa pada mata Pelajaran IPA kelas VI MI Gupolo berdasarkan rata-rata presentase dari indikator keaktifan diperoleh, kegiatan visual mencapai 5,75% (1 siswa), pada kegiatan lisan lisan mencapai 21,39% (5 siswa), pada kegiatan mendengarkan 17,6% (2 siswa), kegiatan menulis 23,52% (4 siswa), pada kegiatan mental siswa tidak ada dalam kategori tinggi, dan pada kegiatan emosional diperoleh 14,7% (3 siswa).Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi keaktifan siswa kelas VI MI Gupolo terutama pada mata pelajaran IPA sangat rendah.Berdasarkan hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran masih bersifat teacher centered dan belum menggunakan metode yang bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar pada Materi Perkembangbiakan Hewan dengan menggunakan strategi Pembelajaran card sort kelas VI MI Gupolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VI MI Gupolo yang berjumlah 17 siswa.
Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi card sort pada pembelajaran ipa dapat meningkatkan keaktifan siswa di Kelas VI di MI Gupolo. Hal ini dilihat dari hasil siklus I mengalami peningkatan dengan rata – rata 74,7 terdiri dari 8 siswa yang mencapai nilai KKM sedangkan 11 siswa dibawah KKM, selanjutnya untuk memaksimalkan pemahaman siswa peneliti menambahkan siklus II sebagai pembelajaran terbukti dengan hasil yang maksimal dengan rata – rata sebesar 89,41 terdiri dari 16 siswa yang mencapai nilai KKM sedangkan 1 siswa dibawah KKM.Dengan demikian penerapan strategi card sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata Pelajaran IPA materi perkembangbiakan hewan kelas VI MI Gupolo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ulum Fatmahanik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 00:49 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 00:49 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29990 |
Actions (login required)
View Item |