Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Tugurejo Sawoo Ponorogo

Fadhilah, Khusnul (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Tugurejo Sawoo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Khusnul e-Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran itu bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa, akan tetapi terdapat beberapa permasalahan. Salah satunya metode pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif, sehingga mengakibatkan proses pembelajaran tidak menyenangkan dan siswa kurang aktif. Permasalahan-permasalahan tersebut dapat diatasi dengan penggunaan metode pembelajaran yang menyenangkan. Metode pembelajaran sangat penting dalam kelangsungan proses belajar mengajar. Maka dari itu guru membutuhkan suatu metode pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang efektif dan kondusif. Salah satunya dengan penggunaan metode pembelajaran mind mapping ini.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V, mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran mind mapping, serta memaparkan kendala dalam penggunaan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tugurejo Sawoo Ponorogo tahun ajaran 2023-2024. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi sedangkan untuk teknik penguatan menggunakan teknik dokumentasi. Selain itu penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping sesuai dengan langkah-langkah yang telah di susun pada instrumen pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I guru telah menggunakan metode mind mapping akan tetapi masih terdapat kekurangan. Maka dari itu dilaksanakanlah penelitian siklus II dengan strategi yang berbeda, sehingga hasil peningkatan kreativitas siswa terlihat signifikan. Berdasarkan dari siklus pertama dan kedua kreativits siswa mengalami peningkatan dengan hasil persentase awal 22,2% meningkat menjadi 88,8%. ivitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Tugurejo Sawoo Ponorogo. Meskipun demikian, dalam proses pembelajaran masih terdapat kendala yang terjadi. Kendala terebut adalah banyak siswa yang tidak membawa alat tambahan, metode pembelajaran mind mapping tidak bisa menjadi metode tunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:44
Last Modified: 16 Jul 2024 00:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29980

Actions (login required)

View Item View Item