[SCAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI. SILAKAN UPLOAD ULANG] Efektivitas Teknik Pomodoro melalui Model Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI BP Kelas Vii SMPN 4 Ponorogo

Nurhayati, Putri (2024) [SCAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI. SILAKAN UPLOAD ULANG] Efektivitas Teknik Pomodoro melalui Model Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI BP Kelas Vii SMPN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS TEKNIK POMODORO WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik belajar Pomodoro melalui model konvensional pada siswa kelas VII di SMPN 4 Ponorogo (2) aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran Pomodoro melalui model konvensional pada pembelajaran PAI-BP kelas VII di SMPN 4 Ponorogo (3) efektivitas teknik Pomodoro melalui model konvensional terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI-BP Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan prosedur pengumpulan data berupa tes tulis, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok eksperimen yang menerapkan teknik Pomodoro sangat direkomendasikan karena memiliki peluang untuk meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan rata-rata skor post test kelas eksperimen 74.00. 2) aktivitas guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran menggunakan teknik Pomodoro dikategorikan baik, terlihat pada hasil persentase yang diperoleh pada pelaksanaan kegiatan pendahuluan aktivitas guru memperoleh persentase sebesar 80% dan aktivitas siswa mendapatkan hasil 85%, kegiatan inti aktivitas guru memperoleh persentase 80% dan aktivitas siswa memperoleh 78%, serta pada kegiatan penutup aktivitas guru memperoleh 90% dan aktivitas siswa memperoleh persentase 86%. 3)terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan teknik belajar Pomodoro dan kelas kontrol dengan teknik belajar non Pomodoro terhadap pembelajaran PAI-BP di kelas VII SMP Negeri 4 Ponorogo. ditunjukan dengan hasil pengolahan data SPSS pada uji t independent sample test, diperoleh hasil Sig (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Teknik Pomodoro, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:09
Last Modified: 15 Jul 2024 04:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item