..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Penerapan Model Problem Bassed Learning (PBL) Berbantuan Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ekosistem Siswa kelas V MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

Nova Nurul Aulia, Nova (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Penerapan Model Problem Bassed Learning (PBL) Berbantuan Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Ekosistem Siswa kelas V MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190168 NOVA NURUL AULIA LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aulia, Nova Nurul. 2024. Penerapan Model Problem Bassed Learning (PBL) Berbantuan
Animasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V MI Ma’arif
Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata kunci : Model Problem Bassed Learning, animasi, pemahaman konsep.
Rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MI Ma’arif
Ngrupit Jenangan Ponorogo disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan
model pembelajaran. Dimana siswa hanya mendengarkan, melihat kemudian mencatat dan hal
tersebut membuat siswa merasa bosan. Dengan model PBL dapat menjadi salah satu solusi untuk
mengatasi hal tersebut, karena dengan model PBL siswa dapat menemukan sendiri masalah yang
dihadapinya, serta lebih aktif dalam mengeluarkan pendapat baik secara individu maupun dalam
kelompok belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan PBL berbantuan
animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA dan (2)
mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan menggunakan model PBL berbantuan
animasi pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian
Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Objek
penelitian ini adalah kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan
kuantitatif.
Berdasarkan hasil observasi didapatkan (1) hasil keterlaksanaan model PBL berbantuan
animasi dapat dilihat berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa. Pada observasi guru di
siklus I dan siklus II mendapat hasil skor rata-rata 65,3% dan masuk dalam taraf tinggi artinya
terlaksana dengan baik. Sedangkan pada observasi kegiatan siswa siklus I sebesar 62,5% masuk
dalam kriteria cukup baik dan pada siklus II sebesar 92,5% masuk dalam kriteria sangat baik. (2)
Penerapan model PBL berbantuan animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA, hasil
tes yang didapatkan pada pra siklus sebanyak 42% masuk dalam kriteria kurang, pada siklus I
sebanyak 62% masuk dalam kriteria cukup dan pada siklus II sebanyak 88% masuk dalam
kriteria tinggi. Peningkatan ini mencerminkan model PBL berbantuan animasi dapat
meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:13
Last Modified: 15 Jul 2024 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item