EKAWATI, RIMA NUR (2024) Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
WATERMARK-TESIS 1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan keprofesian berkelanjutan dan merupakan salah satu cara dalam mengembangkan kompetensi seorang guru dan meningkatkan penjaminan daripada sebuah mutu pendidikan. Latar belakang penelitian ini eksistensi guru swasta dalam meningkatkan kompetensi guru di era peradapan modern melalui program pengembangan koprofesian berkelanjutan dan hal guru yang kurang berkompenten sebagai penyakit di dunia pendidikan. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berguna untuk memberikan pembiasaan yang baik selain untuk memberikan pembelajaran di dalam kelas. Penjaminan mutu baik untuk guru sendiri maupun mutu sebuah lembaga, program ini dibutuhkan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kompetensi melalui pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Kemudian dianalisis menggunakan analisis data A.M Huberman Mattew B Milles and Johnny Saldana kemudian hasil dari analisis data tersebut dikumpulkan menjadi sebuah deskripsi yang berbentuk kata-kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis program pengembangan koprofesian berkelanjutan guru Pendidikan Agama Islam.
Melalui serangkai penelitian yang menghasilkan data guna memperoleh hasil deskripsi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif yang dilakukan oleh dua orang guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo memahami dan mengikuti pelaksanaan program peningkatan keprofesian berkelanjutan. 2) Kegiatan peningkatan keprofesian berkelanjutan dilakukan dengan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan MGMP, KKG, guru penggerak, guru inklusi, pendidikan pascasarjana, penjenjangan karir, melaksanakan shalat wajib dan sunnah, dan membangun jalinan silaturahmi dengan sesama guru dan alumni. Publikasi ilmiah seperti pembuatan buku, pembuatan majalah, pembuatan draf naskah artikel, dan karya inovatif seperti pembuatan video interaktif, game puzzle barat-selatan, pengembangan RPP, pembiasaan menghafal surat, dan latihan thawaf .3) implikasi dari penerapan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan memerhatikan proses peningkatan keprofesian berkelanjutan berdampak langsung pada guru yang bersangkutan menjadi semakin professional, murid yang semakin giat mengikuti pembalajaran, dan sekolah yang mempunyai nilai legalitas akademis yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | MIFTAHUL ULUM, SUGIYAR |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:22 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:22 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29921 |
Actions (login required)
View Item |