Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning dan Ceramah terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMAN 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023/2024

Sa`adah, Umi Lailatus (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning dan Ceramah terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMAN 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200413-SKRIPSI UMI LAILATUS SAADAH-PAI..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sa`adah, Umi Lailatus. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning dan Ceramah terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMAN 1 Slahung Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Game based learning, ceramah, keaktifan Belajar
Pembelajaran PAI sangatlah penting pada kehidupan sehari-hari karena berperan dalam mengembangkan sikap toleransi dan penghargaan terhadap agama yang multikultural. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwasanya masih banyak kendala dalam proses PAI. Salah satunya ada pada lokasi penelitian berada, dimana disana masih banyak pembelajaran PAI hanya menggunakan model konvesional, yang mengakibatkan kegiatan proses pembelajaran menjadi tidak aktif. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dan ceramah guna untuk mengetahui lebih aktif mana siswa menggunakan antara dua model pembelajaran tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pembelajaran siswa yang menggunakan model pembelajaran Game Based Learning dan metode ceramah dalam pembelajaran PAI, 2) mengetahui perbedaan signifikan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran game based learning dan metode ceramah dalam mata pelajaran PAI.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Dengan populasi sebanyak 50 siswa Pengambilan data dilakukan dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes, serta angket setelah penggunaan dua model pembelajaran. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dengan sampel penelitian yakni kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diolah dan dilakukan uji hipotesis T test dan one way anova (anava satu jalur).
Hasil penelitian ini, yakni (1) penggunaan model game based learning dan ceramah berdasarkan hasil rata-rata kedua kelompok yakni 88.20 dan 79.76. Maka ada pengaruh pembelajaran PAI terhadap hasil tes belajar yang menggunakan kedua metode tersebut. Dihitung dengan uji t test independent sample dimana nilai signifikansi dari kedua metode tersebut adalah 0,000 dimana <0,05 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh kedua metode tersebut terhadap hasil tes belajar siswa kelompok eksperimen dan kontrol. (2)Rata-rata keaktifan kelompok eksperimen dengan 66.64 dan kelompok kontrol dengan 55.92. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan keaktifan belajar pada kedua metode tersebut. Keaktifan tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran game based learning. Hal ini juga dikuatkan dengan perhitungan uji one way anova dimana nilai signifikan pada model pembelajaran game based learning adalah 0,01 dan ceramah 0,000 dimana <0,05 artinya ada perbedaan keaktifan belajar siswa dari kedua metode tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Moh Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:44
Last Modified: 15 Jul 2024 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29898

Actions (login required)

View Item View Item