Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas IV MI Ma'arif Polorejo, Babadan, Ponorogo

Mahmudah, Lutfi Setyani (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas IV MI Ma'arif Polorejo, Babadan, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190065_LUTFI SETYANI MAHMUDAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses perkembangan anak perlu melibatkan keluarga karena keluarga merupakan salah satu lembaga yang paling penting dalam proses tersebut. Pola asuh dalam keluarga diterapkan sejak anak lahir dan disesuaikan dengan usia serta tahap perkembangan anak. Pola asuh orang tua dalam keluarga menjadi sarana efektif untuk mendukung kelancaran tugas-tugas perkembangan anak. Salah satunya mengembangkan kemampuan berbahasa. Pembelajaran bahasa dalam keluarga hendaknya tidak hanya mengajarkan anak mempunyai kemampuan untuk menggunakan bahasa dalam berkomunikasi, tetapi juga yang terpenting adalah etika berbahasa. Di samping peran orang tua, sekolah mempunyai kewajiban untuk memberikan bimbingan pada anak agar menjadi pribadi yang santun dalam berbahasa, mandiri, dan berperilaku baik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo, 2) menjelaskan pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo, 3) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis sampel simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo, 2) terdapat pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo, 3) terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas IV MI Ma’arif Polorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:25
Last Modified: 12 Jul 2024 07:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/29876

Actions (login required)

View Item View Item